Inilah Yadea Kemper, Motor Listrik ala Moge dengan Kecepatan Tembus 160 Km/Jam

Inilah Yadea Kemper, Motor Listrik ala Moge dengan Kecepatan Tembus 160 Km/Jam

Yadea Kemper, motor listrik bergaya naked moge dengan kecepatan mencapai 160 km/jam dengan kemampuan pengecasan cepat-Foto : ElectricMotorcycle-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Yadea Kemper kolaborasi dengan KTM ciptakan motor listrik bergaya moge dengan kecepatan mencapai 160 Km/jam dan pengisian baterai yang cepat.

Yadea merupakan produsen kendaraan roda dua listrik terbesar, tidak hanya di Tiongkok (China) tetapi juga di seluruh dunia.

Sebelumnya Yadea lebih banyak memproduksi skuter listrik, namun pada tahun 2023 lalu untuk pertama kalinya menciptakan sepeda motor listrik pertama yang diberi nama Yadea Keeness untuk kategori A1 Eropa (125).

Sedangkan di tahun 2024 ini, Yadea berkolaborasi dengan KTM Kiska Design, akan memperkenalkan model yang lebih kuat dan cepat yang diberi nama Yadea Kemper untuk kategori A2.

BACA JUGA:Polytron Meluncurkan Motor Listrik Fox-S, Kendaraan dengan Harga 9 Jutaan

Motor listrik Yadea Kemper ditepatkan di tengah kendaraan dapat menghasilkan tenaga puncak yang luar biasa sebesar 40 kW (sekitar 54 hp).

Walau Secara formal, Yadea masih menetapkan 23 kW (31 hp) sebagai daya terukur berkelanjutan, yang sesuai dengan SIM Eropa A2 (hingga 48 hp). 

Torsi hingga 570 Nm bekerja langsung di ban belakang dan mengakselerasi Yadea Kemper dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam 4,9 detik.

Kecepatan tertinggi diprogram pada 160 km/jam, “Gigi” lambat tersedia untuk bermanuver parkir maju dan mundur. Penggerak roda belakang berjalan secara tradisional melalui rantai. 

Saat ini belum ada informasi yang tersedia mengenai jangkauan Yadea Kemper, namun pengalaman menunjukkan bahwa untuk kendaraan listrik, jangkauannya berfluktuasi dalam rentang yang luas, tergantung pada akselerasi dan kecepatan.

BACA JUGA:Motor Listrik EV1: Vespa Buatan Indonesia Dengan Cicilan Rp 200 Ribuan per Bulan

BACA JUGA:Kuota Motor Listrik Subsidi Masih Banyak, Ini Daftar Harga di Bawah Rp 15 Juta Desember 2023

Dibalik spesifikasi yang menakjubkan, bagaimanapun juga kapasitas baterai Kempaer relatif kecil yakni berkisar 6.4 kWh. 

Dengan kapasitas baterai tersebut, dalam praktiknya digambarkan tidak akan cukup untuk menempuh jarak lebih dari 100 kilometer.

Terlebih jika tenaga listrik digunakan secara tidak terkendali, mungkin jarak tempuh akan menjadi lebih sedikit.

Paket baterai Litium besi fosfat 320 volt terdiri dari 100 sel baterai masing-masing berdaya 3,2 volt, sehingga menghasilkan total 320 volt. 

Produsen baterai besar CATL memasok sel litium besi fosfat yang memiliki sifat termal yang relatif baik. Yadea menjanjikan hingga 8.000 siklus pengisian daya dan menjamin sisa kapasitas lebih dari 70 persen setelah 3.000 siklus pengisian daya. 

Namun, Yadea belum mengumumkan bahwa baterai dapat diganti dengan cepat – seperti Keeness – untuk Kemper.

Yang berpotesi bikin Yadea Kemper menarik adalah koneksi pengisian cepatnya, Tipe 2 dan CCS Combo 2. Asalkan ada stasiun pengisian daya yang sesuai, pengisian daya baterai hingga tingkat 80 persen hanya akan memakan waktu 10 menit.

BACA JUGA:Dukung Produk Lokal dan Ramah Energi Lingkungan, Inilah Daftar Subsidi Motor Listrik

Seperti dilansir dari situs Greatbiker, Yadea Kemper adalah motor listrik bergaya sport naked dengan konsep performa tinggi.

“Pertama kali hadir di pameran EICMA 2023, Kemper punya letak dinamo mid-drive yang juga dikembangkan oleh Yadea,” tulis situs tersebut.

Layaknya moge kelas premium, Yadea Kemper punya beragam fitur canggih serta kelengkapan yang didukung produsen ternama.

Fiturnya antara lain ada cruise control, mode reverse, panel instrumen TFT dengan konektivitas smartphone, serta kamera Dashcam.

Ditambah lampu LED projektor Osram, sistem dual ABS Bosch + TCS, rem Brembo, rantai DID, serta suspensi depan upside down dan monosok belakang KYB.

Punya pilihan warna red grey, white green, red black, dan white orange, diperkirakan harga motor listrik Yadea Kemper berkisar kisaran harga setara 6-7 ribu Euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: