Sejumlah Pejabat Mengenang Rizal Ramli Semasa Hidup

Sejumlah Pejabat Mengenang Rizal Ramli Semasa Hidup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Rizal Ramli eks Menko Kemaritiman tutup usia pada Selasa, 02 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Sederet politikus mengenang eks Menko Maritim semasa hidup, beberapa di antaranya, Mahfud MD, Moeldoko dan Sri Mulyani. 

Di dalam maupun di luar kabinet, Rizal ketika itu kerap membuat pernyataan yang tajam terkait kinerja pemerintahan.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengucapkan belasungkawa secara langsung ke rumah duka pakar ekonom sekaligus mantan menko kemaritiman Rizal Ramli. Ia mengaku sangat kehilangan sosok Rizal Ramli.

BACA JUGA:

Ia mengenang sosok Rizal Ramli sebagai teman berdiskusi dan ia menilai kritikannya selalu menjadi obat penyembuh.

Sebab, menurut dia, dalam pemerintahan kritikan harus terus bertumbuh. Ia menambahkan, pemerintah tidak alergi terhadap kritikan. Kritikan bukan sebagai alat untuk merusak negara namun untuk memperkuat.

Begitu juga dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melayat ke rumah duka ekonom senior Rizal Ramli. Rizal dinilai sosok yang penuh gagasan. 

"Kami sering bepergian baik ke luar negeri dan dalam negeri keliling-keliling menyebarluaskan ide," kata Mahfud di rumah duka, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2024. Mahfud mengatakan dirinya dan Rizal satu visi pada pokok-pokok ide besar untuk negara dan masyarakat. Namun ada kalanya mereka berbeda pandangan pada hal yang bersifat taktis operasional. "Kami bisa berbeda, bisa saling mendukung, dan saling kritik," papar Mahfud MD.

BACA JUGA:

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun, mengenang sosok almarhum terakhir kali saat momen hari ulang tahun Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2019 silam.

“Pak Rizal Ramli hadir di acara itu dan saya ingat banget komentar pertamanya Pak Rizal Ramli adalah ‘Saya itu orangnya pemberani, tapi saya tidak seberani Bu Sri Mulyani untuk pakai sepatu warna hijau stabilo’. Jadi, waktu itu saya menggunakan sepatu saya untuk olahraga warnanya hijau stabilo, begitu saya ingat banget, beliau mengatakan seperti itu,” kenangnya.

Almarhum Rizal Ramli menghembuskan napas terakhirnya dalam perawatan di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, pada Selasa malam 2 Januari 2024. 

Mendiang RR dirawat sejak sekitar sebulan lalu, karena mengidap kanker pankreas stadium 4. Diketahui, Rizal Ramli akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Kamis, 4 Jnauari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: