Keluarga Ungkap Rizal Ramli Tak Dimakamkan Secara Kenegaraan, Ternyata Ini Alasannya...

Keluarga Ungkap Rizal Ramli Tak Dimakamkan Secara Kenegaraan, Ternyata Ini Alasannya...

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mantan Menteri Koodinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis 4 Januari 2024.

Proses pemakaman Rizal dihadiri keluarga dan para sahabat.

Rizal tidak dimakamkan secara kenegaraan meskipun merupakan seorang mantan pejabat negara. 

Anggota tim komunikasi sekaligus perwakilan keluarga Rizal, Yosef Sampurna Nggarang, mengatakan hal tersebut merupakan wasiat dari Rizal untuk tak dimakamkan secara kenegaraan.

"Beliau dimakamkan satu liang dengan mendiang istri, Ibu Hera, dan kemudian juga tidak dimakamkan secara kenegaraan meskipun beliau pejabat, karena itu memang wasiat beliau, karena dia lebih dekat dengan semua orang, dengan rakyat dan lain-lain," tutur Yosef di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis 4 Jnauari 2024.

BACA JUGA:

Kemudian, dia juga mengenang mantan Menko Maritim Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga sempat menolak form pensiun sebagai menteri.

Menurut Yos, Rizal merupakan sosok yang dekat dengan semua orang dari berbagai kalangan, terutama rakyat. 

Hal itu pula yang membuat Rizal menolak untuk mengisi dan menandatangani formulir pernyataan pensiun sebagai menteri.

Rizal berpandangan jabatan hanyalah amanah sehingga menolak hal tersebut.

"Dan memang ada yang saya buka disini, beliau juga menolak ketika disodorkan form untuk pensiun sebagai menteri dulu, dia menolak itu semua karena dia bilang bahwa jabatan itu hanya amanah," ungkap dia. 

Sebelum berangkat ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, jenazah Rizal Ramli disolatkan terlebih dahulu di Masjid Al-Ittihad. Dia disolatkan di sana atas permintaan warga sekitar.

Diketahui ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengembuskan napas terakhir dalam usia 69 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada Selasa, 2 Januari 2024 malam. 

Rizal merupakan seorang ekonom yang kemudian dikenal pula sebagai birokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: