Terungkap, Alasan Joe Biden Sebut Ibu Kota Indonesia Harus Pindah dari Jawa

Terungkap, Alasan Joe Biden Sebut Ibu Kota Indonesia Harus Pindah dari Jawa

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Pemerintah telah memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Sedangkan Kota Jakarta sendiri nantinya, akan dijadikan provinsi Kawasan Aglomerasi.

Ada hal yang menarik dalam pemindahan Ibu Kota Negara, dimana Presiden AS Joe Biden sempat menanggapi hal ini.

Bahkan Joe Biden menyebut bahwa Ibu Kota Negara harus pindah dari Jawa.

Apa alasannya?

Joe Biden mengutarakan hal ini pada 2021 silam.  Dirinya mengingatkan akan ancaman besar yang bakal melanda Negara Indonesia.

Biden mengatakan dengan tegas bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun kedepan. Hal ini bukan ia sampaikan tanpa alasan.

Baginya hal tersebut bisa saja terjadi saat dirinya berbicara soal iklim, yang ia sampaiakn dalam pidato sambutan di kantor Direktur Intelejen Nasional Amerika Serikat kala itu.

Biden juga mengatakan bahwa perubahan iklim adalah ancaman terbesar akibat perubahan iklim yang saat ini sedang meneror seluruh dunia.

Perubahaan iklim bisa menyebabkan naiknya permukaan laut dan bias menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian, dan bahkan kehidupan.

"Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur," katanya dalam pidato itu sebagaimana dipublikasikan whitehouse.gov.

"Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air," tambahnya.

BACA JUGA:Kecewa! Joe Biden Minta Maaf ke Palestina dan Pimpinan Islam AS: Saya Janji Akan Berbuat Lebih Baik!

BACA JUGA:Ibu Kota Pindah Ke IKN, Pemerintah Bentuk Kawasan Khusus Jabodetabekpunjur, Seperti Apa Tata Kelolanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: