8 Manfaat Jalan Sehat di Pagi Hari, Nafas Jadi Longgar Juga Sebagai Rileksasi

8 Manfaat Jalan Sehat di Pagi Hari, Nafas Jadi Longgar  Juga Sebagai Rileksasi

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Jalan sehat di pagi hari ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan baik jasmani maupun rohani. Kadang-kadang seseorang tidak menyadari, manfaat jalan pagi. Sering orang karena kesibukan melupakan aktfitas yang murah dan mudah seperti jalan sehat ini.

Banyak diantara kita yang, saat jalan sehat dipagi hari tidak menggunakan alas kaki baik sepatu maupun sendal. Hal tersebut secara tradisional, ditujukan agar telapak kaki menempel ditanah dan menginjak kerikil -kerikil. ternyata hasil pijakan kaki di kerikil-kerikil turut membantu kenyamanan kaki. Semua itu masuk ke dalam pengetahuan ilmu refleksiologi. 

Berdasarkan ilmu kesehatan Tiongkok Kuno, di telapak kaki kita baik kiri maupun kanan, memiliki titik-titik syaraf yang terhubung ke organ-organ tubuh. Saat jalan sehat dipagi hari tidak menggunakan alas kaki, membuat titik-titik refleksi itu tertekan. penekanan titik-titik refleksi tersebut membuat pembuluh darah terbuka dan  melebar sehingga cairan warna merah tersebut sampai ke organ-organ tubuh. Saat darah tiba di organ tubuh akan memberi oksigen ke organ tersebut, hal itu membuat kerja organ tubuh membaik dan menjadi lebih sehat. 

Waktu pelaksanaannya yang paling baik antara pukul  070.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB. Saat itu udara tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. manfaat jasmani jalan sehat di pagi hari sangat banyak sekali, antara lain sirkulasi darah kembali menjadi lancar. Nafas juga bisa semakin longgar, serta  otot-otot anggota tubuh bisa kembali lemas. Biasanya orang yang jalan sehat dipagi hari sambil menggerak-gerakkan otot tangan , otot leher, otot kaki dan otot pinggang.  Dengan cara seperti itu badan atau tubuh akan menjadi rileks.

BACA JUGA:Bukan Hanya Buahnya, Ternyata Biji Pepaya Bagus Untuk di Konsumsi, Ini Manfaatnya

BACA JUGA:Apa Itu Asam Folat? Simak Pengertian, Manfaatnya untuk Ibu Hamil, serta Jenis Makanan

BACA JUGA:7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Buni untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Kemudian manfaat rohani dari jalan sehat adalah fikiran kembali fresh setelah bangun tidur, karena udara pagi yang sejuk dapat membuat kondisi kejiwaan menjadi lebih tenang. Jalan sehat di pagi hari bisa menghindari depresi dan kecemasan  yang kadang-kadang tidak jelas asal muasalnya. Jalan sehat di pagi hari, dilakukan secara santai dan riang gembira. Kadang-kadang ibu rumah tangga atau orang dewasa melakukan kegiatan jalan sehat dengan berombongan agar suasana menjadi lebih akrab.

Udara pagi yang masih bersih dan segar serta ditingkahi suara-suara alam, juga turut membantu rileksasi fikiran yang semula kalut bisa berubah menjadi lebih bersemangat. lebih -lebih jika anda tinggal di alam pedesaan yang asri. Meski begitu anda yang tinggal di kawasan perkotaan tidak perlu khawatir karena di kota-kota banyak sekali spot-spot yang tersedia untuk  melaksanakan rutinitas jalan sehat. Spot-spot itu misalnya di taman-taman Kota atau di ruang terbuka hijau

Jalan sehat dipagi hari, tidak harus terlalu jauh, disekitaran rumah atau kompleks perumahaan sudah mencukupi, asalkan kegiatan tersebut rutin dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Namun jika ingin dilakukan setiap hari juga tidak apa-apa yang penting sesuaikan dengan kemampuan tenaga dan umur kita. jangan terlalu jauh karena akan membuat tubuh menjadi letih.  Tetapi jika memprogramkan 1 minggu sekali menempuh perjalanan jalan sehat yang cukup jauh tidak ada masalah, asalkan dilakukan dengan persiapan yang lebih baik 

Berikut manfaat jalan sehat dari segi jasmani dan rohani 

1. Melancarkan sirkulasi darah

2. Nafas menjadi lebih longgar

3. otot-otot tubuh yang kaku bisa kembali lemas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: