Ramai Soal Politik Dinasti di Media Sosial, Berikut Pengertian Politik Dinasti Beserta Contohnya

Ramai Soal Politik Dinasti di Media Sosial, Berikut Pengertian Politik Dinasti Beserta Contohnya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jelang PEMILU ramai di bahas mengenai politik dinasti di media sosial. Bermula dari adanya tuduhan politik dinasti pada keluarga Jokowi, sampai dengan pengertian politik dinasti menurut Ade Armando yang menyinggung Kesultanan Yogyakarta.

Jadi sebenarnya apa sih yang di maksud dengan politik dinasti itu? Di artikel RadarPena hari ini akan kita bahas mengenai politik dinasti itu.

Merujuk pada laman resmi Mahkamah Konstitusi, politik dinasti adalah kekuasaan politik yang dijalankan sekelompok orang yang masih terkait hubungan keluarga.

Misalnya, kekuasaan yang dimiliki oleh seorang Ayah dapat diwariskan kepada anaknya. Sistem politik dinasti jamak diterapkan dalam sebuah kerajaan.

BACA JUGA:

Politik dinasti ini, sebagai proses regenerasi kekuasaan bagi keluarga tertentu saja. Di mana kekuasaannya hanya mementingkan keluarganya untuk terus mempertahankan kekuasaan.

Sementara sistem dinasti politik mempunyai definisi yang berbeda. Merujuk tulisan Hilda Zuhdi dalam jurnal berjudul Pengertian Dinasti Politik menjelaskan, bahwa dinasti politik merupakan kekuasaan yang didapatkan dengan cara primitif, karena mengandalkan darah keturunan beberapa orang.

Dinasti politik membuat sebuah pemerintahan tidak berjalan secara efektif, adil, inklusif dan jujur. Sebab, cara kerja dinasti politik hanya memberikan kekuasaan kepada saudara dan kerabatnya saja.

Senada dengan Zuhdi, menurut Zulkieflimansyah dalam laman resmi MK, dampak negatif dari adanya dinasti politik akan sulit mewujudkan cita-cita demokrasi.

Pasalnya, tidak terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih (clean and good governance). Fungsi kontrol kekuasaan melemah dan tidak berjalan efektif.

Sehingga, dengan adanya Dinasti Politik, kata Zulkieflimansyah, kemungkinan terjadinya penyimpangan kekuasaan seperti korupsi, kolusi dan nepotisme begitu tinggi.

Contoh Politik Dinasti di Indonesia

Berdasarkan tulisan Winda Roselina Effendi yang berjudul “Dinasti Politik dalam Pemerintahan Lokal Studi Kasus Dinasti Kota Banten” menjelaskan, bahwa politik dinasti telah terjadi di Banten.

Dinasti politik di Banten terjadi mulai dari Gubernur hingga Wali Kota, dikuasai oleh satu keluarga yang sama. Padahal, Banten tetap menerapkan pemilihan secara langsung. Artinya demokratisasinya berjalan dengan baik.

Hanya saja, pemilihan secara langsung masih didominasi oleh pendukung elit politik lama yang masih mempunyai loyalitas tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: