Update Wabah Pneumonia: Dua Negara Sudah Laporkan Lonjakan Kasus Misterius ke WHO

Update Wabah Pneumonia: Dua Negara Sudah Laporkan Lonjakan Kasus Misterius ke WHO

Sumber kabar tersebut berasal dari laporan outlet media Taiwan FTV News dan menjadi perhatian mengingat kasus sebelumnya terkait awal mula COVID-19 yang menjadi pandemi global.

Sementara itu, Pejabat China telah mengklaim kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa tidak adanya patogen baru yang terdeteksi dari wabah tersebut. Menurutnya, penyakit tersebut disebabkan oleh virus musiman seperti flu, RSV, dan bakteri mycoplasma pneumoniae.

Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi akibat dari renggangnya peraturan kesehatan pasca dicabutnya aturan ketat terkait Covid-19 yang telah dicabut pada akhir tahun 2022 silam. Pencabutan aturan tersebut menjadi dugaan pemicu lain yang menyebabkan masyarakat rentan terhadap virus tahunan yang sering terjadi di China.

Adapun saat ini belum diketahui secara pasti dan kejelasan apa yang menyebabkan lonjakan kasus serupa di tahun ini.

Publik banyak yang menyoroti kasus tersebut karena mengingat insiden yang terjadi pada pandemi sebelumnya. Selain itu, beberapa pihak juga khawatir jika pejabat di China menutupi tahap awal epidemi atau wabah yang terjadi di sana.

Mengingat sebelumnya negara tersebut sempat mendapatkan kritik karena respon awal mereka saat temuan COVID-19. Beberapa orang juga melihat situasi yang terjadi saat ini sebagai cerminan yang terjadi dari masa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: