Sudah cair! Bansos BPNT Nov-Des 2023 Mulai Disalurkan, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

Sudah cair! Bansos BPNT Nov-Des 2023 Mulai Disalurkan, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kabar baik bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebab Bantuan Pangan Non-Tunai 2023 sudah cair. Pemerintah menyampaikan setiap bulannya, setiap KPM akan merima bantuan BPNT yang akan dikirimkan dengan nominal yang sudah ditentukan.

Pemerintah Indonesia memberikan melaksanakan program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) 2023 yang disalurkan kepada masyarakat yang menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan program ini sebagai bentuk respon pemerintah terhadap rakyat kecil yang menghadapi tantangan ekonomi.

Program BPNT 2023 ini menyediakan bantuan pangan dengan nominal Rp 200 ribu setiap bulannya dengan total Rp 2,4 juta untuk setiap KPM per tahunnya.

Pada periode bulan November-Desember 2023, Program BPNT ini akan disalurkan dengan nominal Rp 400 ribu. Ini merupakan bagian dari alokasi tahunan dan termasuk dalam tahap keenam program. 

BACA JUGA:

Nantinya bantuan BPNT 2023 akan disalurkan melalui Bank Himbara atau kantor pos yang ditunjuk. Dan untuk penerima hak bantuan adalah Penerima Manfaat yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Hingga sampai Bulan November 2023, penyaluran program BNPT atau Sembako sudah mencapai 99,29 persen dari target dengan total anggaran Rp 45,12 triliun.

Cara Cek Penerima Bansos BPNT 2023

Penerima manfaat disarankan untuk memantau pencairan bantuan melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Akses situs cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan informasi alamat sesuai KTP.
  3. Isi nama lengkap sesuai KTP.
  4. Lakukan verifikasi keamanan.
  5. Klik 'Cari Data' untuk mengetahui status penerimaan bansos.

Hasil pengecekan akan memberikan informasi yang jelas tentang status penerimaan, termasuk konfirmasi sebagai penerima, posisi dalam daftar KPM, dan indikasi proses pencairan oleh Bank Himbara atau PT Pos Indonesia.

  1. Ada beberapa skema pencairan bantuan, tergantung pada kondisi penerima:
  2. Penerima dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS): Bantuan akan ditransfer langsung ke rekening KPM.
  3. Penerima Tanpa KKS: Bantuan dapat dicairkan di Kantor Pos sesuai jadwal pencairan.
  4. KPM Lansia, Penyandang Disabilitas, atau Warga 3T: Bantuan akan diantarkan langsung ke rumah oleh petugas Pos.

Batas Waktu Penerima BPNT 2023

Masyarakat sudah banyak yang menerima BPNT periode November-Desember 2023, bantuan ini sudah disalurkan pemerintah sejak seminggu yang lalu. Namun bantuan ini belum diberikan secara menyeluruh.

Bantuan program pemerintah tahap 6 sudah mulai disalurkan dan masyarakat akan menerima sebesar Rp 400 ribu untuk periode bulan November dan Desember 2023. Bantuan tahap 6 ini juga merupakan pencarian terakhir di tahun 2023.

Melihat dari informasi Kemensos BPNT November 2023 akan terus disalurkan hingga memenuhi target secara merata. Dan paling lambat akan dikirimkan sampai tanggal 30 November 2023.

BACA JUGA:

Sehingga masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tetapi berstatus sebagai penerima, tidak perlu merasa khawatir karena bansos akan terus dilanjutkan sampai akhir bulan Desember 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: