Sudah cair! Bansos BPNT Nov-Des 2023 Mulai Disalurkan, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

Sudah cair! Bansos BPNT Nov-Des 2023 Mulai Disalurkan, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

BPNT November 2023 yang cair Rp400.000 akan dicairkan di Bank milik negara menggunakan KKS atau rekening. Bagi yang belum cek penerima bansos, silahkan akses link cekbansos.kemensos.go.id secara online pakai Hp.

Sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi Widodo pada rapat terbatas tentang Program Raskin pada Juli 2016, penyaluran Raskin diganti dengan menggunakan kartu elektronik yang akan diberikan langsung kepada rumah tangga sasaran, sehingga bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai dengan menggunakan sistem perbankan.

Sistem baru penyaluran bantuan pangan ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

Bansos 2023 non tunai (BPNT) diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar.

Penyaluran bantuan sosial secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi.

Selain itu, penyaluran bansos 2023 non tunai (BPNT) juga dapat membiasakan masyarakat untuk menabung karena pencairan dana bantuan dapat mereka atur sendiri sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: