Menjelang Peringatan Hari Guru Nasional 2023, Inilah Sejarah dan Contoh Kalimat Ucapannya

Menjelang Peringatan Hari Guru Nasional 2023, Inilah Sejarah dan Contoh Kalimat Ucapannya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penetapan Hari Guru Nasional berkaitan dengan terbentuknya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sebelum disebut dengan nama PGRI, organisasi ini dikenal dengan sebutan Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), yang digagas pada masa penjajahan Belanda.

Organisasi PGHB dibentuk pada 1912 dengan melibatkan para tenaga pendidik, mulai dari kepala sekolah, guru desa, guru bantu, dan pemilik sekolah.

Organisasi ini kemudian terbagi lagi menjadi dua yakni Persatuan Guru Bantu (PGB) dan Perserikatan Guru Desa (PGD).

BACA JUGA:

Anggotanya berisikan kepala sekolah, guru desa, guru bantu, hingga perangkat sekolah lainnya. Tidak mudah bagi PGHB memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, status sosial, dan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Pada tahun 1932, PGHB mengubah namanya menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Sejarah Hari Guru Nasional lekat dengan kisah perjuangan Ki Hajar Dewantara melalui jalan pendidikan bersama Taman Siswa yang didirikannya. 

Maka tak heran jika pahlawan nasional asal Yogyakarta itu dianugerahi gelar Bapak Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara menawarkan gagasan untuk pendidikan nasional.

Jadilah Taman Siswa sebagai tonggak awal kebangkitan masyarakat terpelajar bumiputera yang mempelopori kebangkitan rakyat melawan kolonialisme. 

Taman Siswa berkembang pesat. Memasuki dekade 1940-an, perguruan ini sudah mendirikan 166 sekolah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan memiliki lebih dari 11 ribu murid.

Untuk itu, sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tahun.

Sebagai informasi tambahan, Hari Guru Nasional tidak hanya diperingati di Indonesia. Beberapa negara lain juga memeringatinya pada waktu tertentu sesuai dengan peringatan sejarah pendidikan mereka masing-masing.

Kumpulan Ucapan Hari Guru Nasional

Rangkaian peringatan Hari Guru Nasional dapat dilakukan dengan menyampaikan ucapan terima kasih pada guru sebagai pendidik bangsa.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: