Apakah Aman Mengonsumsi Madu Untuk Penderita Diabetes? Cek Selengkapnya di Sini!

Apakah Aman Mengonsumsi Madu Untuk Penderita Diabetes? Cek Selengkapnya di Sini!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Orang yang mengidap penyakit diabetes tentunya sangat pantang untuk mengonsumsi makanan atau pun minuman yang memiliki rasa manis.

Sebab, diabetes terjadi karena naiknya kadar gula darah yang bisa terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan manis berlebihan, dilansir dari Mayo Clinic.

Selain itu, kenaikan kadar gula dalam darah dapat dipengaruhi dari konsumsi makanan tertentu secara terus menerus tanpa memerhatikan efek sampingnya.

Lantas, apakah boleh penderita diabetes mengonsumsi madu yang notabenenya memiliki rasa manis? Simak selengkapnya ulasan dibawah ini!

BACA JUGA:

Madu juga dikenal memiliki rasa yang manis, namun jenis makanan yang satu ini ternyata cukup aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.    

Madu memiliki kandungan seperti air, gula, antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi.

Saat mengonsumsi madu, sistem pencernaan akan memproses sukrosa untuk kemudian dilepas menjadi glukosa ke dalam darah.

Rutin mengonsumsi madu asli disebut bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap penyakit ini. 

Selain itu, konsumsi madu juga disebut bisa membantu menurunkan dan menjaga kadar kolesterol serta berat badan tetap seimbang.

Sayangnya, hingga kini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat madu bagi pengidap penyakit diabetes

Penelitian juga masih dibutuhkan untuk mencari tahu jenis madu apa yang paling bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes.

Penderita perlu lebih cermat menghitung karbohidrat termasuk madu yang dikonsumsi setiap hari. 

Dokter M. Regina Castro, M.D. dari Mayo Clinic, menyebut minum madu untuk penderita diabetes sebenarnya tidak ada bedanya dengan mengonsumsi gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: