Berikut Daftar Gunung Yang Memiliki Puncak Tertinggi Di Dunia, Simak Data Menurut WorldAtlas

Berikut Daftar Gunung Yang Memiliki Puncak Tertinggi Di Dunia, Simak Data Menurut WorldAtlas

RADARPENA.CO.ID - Sebagian besar gunung tertinggi di dunia ini terletak di perbatasan Nepal, India, China dan Pakistan. 

Gunung merupakan, suatu fenomena grafis berupa tanah yang menjulang tinggi. Di dunia ini, terdapat beberapa gunung yang tingginya bisa lebih dari 8.000 meter yang tersebar di berbagai penjuru bumi.

Berdasarkan data dari Worldatlas.com, gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest dengan ketinggian 8.848,86 meter.

Gunung-gunung tertinggi di dunia memiliki medan yang berat, sehingga untuk menaklukkannya dibutuhkan peralatan dan persiapan yang matang.

BACA JUGA:

Tak jarang, ada pendaki yang meninggal selama ekspedisi menuju puncak-puncak tertinggi dunia ini. Faktornya pun bermacam-macam, mulai dari hipotermia, kecelakaan saat pendakian, dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja gunung yang termasuk dalam gunung tertinggi di dunia, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

1. Gunung Everest, Nepal 

Pertama kali didaki oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Everest juga mendapat banyak pengawasan baru-baru ini, karena foto yang beredar menunjukkan antrian panjang menuju puncak.

Itu memicu perdebatan besar tentang kepadatan di Everest. Daya tarik Gunung Everest masih memikat banyak pendaki. Selain rute Everest Base Camp menuju puncak, jalur trekking menuju base camp juga cukup populer.

Bahkan, ini menjadi salah satu trek paling terkenal di dunia. Gunung Everest disebut gunung tertinggi di dunia karena memiliki elevasi tertinggi di atas permukaan laut. Ini juga bisa diartikan bahwa gunung Everest memiliki ketinggian tertinggi.

2. Gunung K2

Gunung tertinggi di dunia ditempati oleh Gunung K2. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga 8.611 meter. K2 terletak di Pegunungan Karakoram yang masuk wilayah Tajik Tashkurgan di Xianjiang Barat, China.

Gunung K2 memiliki julukan 'Savage Mountain' karena dianggap sebagai salah satu gunung yang paling sulit dan berbahaya untuk didaki.

3. Gunung Kangchenjunga 

Gunung Kangchenjunga berada di posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.598 meter. Terletak di sepanjang perbatasan antara India dan Nepal, serta merupakan gunung tertinggi yang ada di India.

Pada 25 Mei 1955, dua pendaki asal Inggris Joe Brown dan George Band menjadi pendaki pertama yang berhasil mendaki Gunung Kangchenjunga.

4. Gunung Lhotse

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: