Indonesia Merupakan Salah Satu Negara yang Memiliki Gunung Berapi Aktif Terbanyak di Dunia, Ini Jumlahnya!

Indonesia Merupakan Salah Satu Negara yang Memiliki Gunung Berapi Aktif Terbanyak di Dunia, Ini Jumlahnya!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dengan jumlah gunung api aktif yang mencapai 127, negara ini menduduki peringkat pertama dalam jumlah gunung api aktif di dunia.

Namun, angka ini juga menyimpan catatan kelam, karena Indonesia juga menempati peringkat pertama dalam jumlah korban jiwa akibat bencana gunung api

Dari 127 gunung api aktif yang tersebar di berbagai wilayah, hanya 69 diantaranya yang dipantau secara aktif oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Persebaran letak gunungapi di Indonesia terbagi dalam beberapa zona. Zona gunungapi ini pada umumnya terletak di busur dalam.

BACA JUGA:

Zona tersebut ialah: Gunungapi zona Sunda membentuk busur yang di mulai dari ujung sumatera bagian utara sampai ke Pulau Alor. 

Di busur ini terdapat 300 buah baik yang sudah padam maupun yang masih aktif. Gunungapi tersebut umumnya terdapat bertumpuk-tumpuk, misalnya di lihat di daerah toba daerah Priangan, Jawa Timur, dan Flores. Gunungnapi yang berdiri sendiri antara lain ceremai atau disebut gunungapi soliter.

Tipe-tipe Gunung Berapi Aktif di Indonesia 

Gunung berapi aktif di Indonesia tidak hanya sekadar satu tipe. Mereka dibagi menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan sejarah letusan dan aktivitas vulkaniknya: 

Gunung api Tipe A (76 gunung api): Gunung api yang telah memiliki catatan sejarah letusan sejak tahun 1600. Aktivitasnya terdokumentasi dan menjadi perhatian utama dalam pemantauan. 

Gunung api Tipe B (30 gunung api): Gunung api dengan catatan letusan sebelum tahun 1600. Meski memiliki sejarah yang lebih jauh, mereka tetap dipantau secara cermat karena potensi letusan yang dapat terjadi. 

Gunung api Tipe C (21 gunung api): Gunung api jenis ini tidak memiliki catatan sejarah letusan, namun tetap menunjukkan jejak aktivitas vulkanik seperti solfatara atau fumarole. Meskipun tampak tidak aktif, potensi bahaya tetap ada.

BACA JUGA:

Ciri Ciri Gunung Aktif 

Gunung aktif memiliki beberapa ciri yang tentu saja berbeda dengan gunung api mati. Berdasarkan keterangan di buku "Ilmu Pengetahuan Sosial", ciri gunung berapi aktif sebagai berikut: 

  • Mengeluarkan asap. 
  • Mengeluarkan debu dan larva. 
  • Memiliki aroma belerang yang menyenangat.

Smithsonian Institution Global Volcanism Program mencatat ada 79 negara di seluruh dunia yang memiliki gunung berapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: