Wisata Gunung Telomoyo, Pas untuk Liburan

Wisata Gunung Telomoyo, Pas untuk Liburan

Wisata Gunung Telomoyo--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Indonesia merupakan negeri yang indah dan kamu akan merasa rugi kalau tidak menyediakan waktu untuk menjelajah dan menikmati keindahan negara sendiri.

Salah satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan adalah saat datang ke Jawa Tengah yang memiliki tempat wisata Gunung Telomoyo.

Tempat wisata ini ada di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang.  

Gunung Telomoyo ini terbantuk dari sisi selatan Gunung Seropati yang telah tererosi dan runtuh sejak masa Pleistosen. Akibat runtuhan ini, terbentuk cekungan berbentuk U yang membuka ke arah tenggara. Gunung Telomoyo muncul di sebelah selatan depresi ini setinggi 600 m dari dasar cekungan. 

Keindahan panorama dari ketinggian yang bisa dijangkau dengan mudah membuat banyak orang datang ke Gunung Telomoyo. 

Telomoyo sendiri adalah gunung yang berdampingan dengan Gunung Andong. Gunung dengan ketinggian 1.894 mdpl ini merupakan gunung aktif yang tercatat belum pernah mengalami erupsi. Walaupun begitu, Gunung Telomoyo menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki. Gunung Telomoyo juga bisa di daki menggunakan sepeda atau jeep. Gunung ini terlihat dari kota-kota sekitarnya, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang. 

Keindahan alam yang disuguhkan benar-benar memanjakan mata. Bahkan saking indahnya pergi ke Telomoyo bisa membuat kamu lupa untuk pulang. Tidak hanya untuk naik ke atas puncak, tetpi Gunung Telomoyo juga menyediakan berbagai spot wisata.

Tentang Wisata Telomoyo

Wisata Gunung Telomoyo merupakan salah satu wisata yang harus dikunjungi ketika berada di Jawa Tengah. Tempat ini menjadi tempat favorit bagi banyak orang karena dari tempat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan hijau yang asri dan masih alami. Tidak hanya itu, dari Gunung Telomoyo kamu juga bisa melihat gunung lain seperti Gunung Merbabu, Sindoro, Andong dan Sumbing. 

Ketika berada di Telomoyo kamu juga akan melihat pemandangan alam yang luar biasa indah seperti negeri di atas awan. Sebelum sampai di puncak Gunung Telomoyo, para pengunjung akan meliwati sebuah pavilium mini atau bangunan yang dikenal sebagai Puncak Makan di ketinggian 1.705 mdpl. Makan tersebut merupakan Joko Pekik, pria lokal yang sangat di hormati. 

Gunung Telomoyo tidak hanya untuk mendaki tapi banyak aktivitas seru yang bisa di lakukan seperti paralayang, flying fox, spot foto dek kacang awang-awang, camping ground sampai Taman Langit Telomoyo. 

Jam Buka dan Harga Tiket Gunung Telomoyo

Jam buka Gunung Telomoyo untuk pengunjung yang tidak berkemah yaitu 24 jam, sedangan jika berkemah mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB. 

harga tiket masuk ke Gunung Telomoyo sekitar Rp 15.000, belum termasuk sewa mobiol jeep jika kamu mau menggunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: