Viral Kamar Kos Dipenuhi Sampah, Inilah Ciri Serta Dampak Dari Gangguan Mental Hoarding Disorder

Viral Kamar Kos Dipenuhi Sampah, Inilah Ciri Serta Dampak Dari Gangguan Mental Hoarding Disorder

 

2. Timbulkan Gangguan Kecemasan atau Anxiety

Selain dampak tersebut, Hoarding Disorder juga dapat memiliki dampak psikologis yang lebih serius pada individu yang mengalami gangguan ini.

Salah satunya adalah gangguan kecemasan atau anxiety. Kecemasan yang berlebihan dapat menyebabkan stres yang kronis, dan kedua hal ini seringkali dialami oleh pengidap Hoarding Disorder.

Gangguan ini dapat memperburuk keadaan psikologis penderita dalam jangka waktu yang panjang.

 

3. Menyebabkan Gangguan Pola Makan

Lebih lanjut, perilaku Hoarder juga bisa menjadi gejala dari gangguan psikologis lainnya. Dalam beberapa kasus, penyakit ini dapat terkait dengan gangguan makan atau pola makan yang tak normal, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik.

Selain itu, beberapa studi juga telah menunjukkan hubungan antara Hoarding Disorder dan risiko perkembangan dementia pada usia lanjut.

Maka bisa dipahami, bahwa Hoarding Disorder tidak hanya berdampak pada kehidupan sosial seorang individu, tetapi juga memiliki dampak serius pada kesejahteraan psikologis mereka.

Oleh karena itu, penting bagi individu yang mengalami gejala gangguan ini untuk mencari bantuan profesional dan dukungan keluarga agar dapat mengatasi masalah ini secara efektif. Mampu meminimalkan dampaknya pada psikologis mereka serta orang-orang yang mereka cintai.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: