7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang, Sebabkan Racun Pada Tubuh!

Minggu 21-07-2024,14:13 WIB
Reporter : Marta Saras
Editor : Marta Saras

BACA JUGA:

5. Jamur

Dianjurkan untuk makan jamur segera setelah dimasak. Idealnya, jamur matang tidak boleh disimpan untuk dikonsumsi keesokan harinya karena jamur adalah pembangkit protein dan memiliki jumlah mineral yang banyak. Apabila dipanaskan kembali, kamu telah memecah protein jamur lebih lanjut. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu memanaskan jamur matang akan menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas. Jika kamu ingin menyimpan jamur untuk hari berikutnya, pastikan kamu memakannya dalam keadaan dingin.

6. Bayam

Seperti banyak sayuran berdaun hijau lainnya, bayam kaya akan nitrat dan zat besi. Jika dipanaskan kembali, nitrat ini dapat berubah menjadi nitrit dan karsinogen lain yang diketahui (zat yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan hidup).

7. Kentang

Kentang bisa jadi suaka buat bakteri penyebab botulisme yakni Clostridium botulinum, jika dibiarkan dalam tempat bersuhu ruang. Mengutip dari Alodokter, botulisme merupakan kondisi keracunan serius pada sistem saraf otak, tulang belakang dan saraf lain.

Bakteri pun tidak bisa hilang selama proses memanaskan. Mengutip Good House Keeping, sebaiknya setelah dimasak dan tidak habis disantap, biarkan suhu kentang menurun. Kemudian letakkan di kulkas selama maksimal 3 hari. Idealnya, kentang bisa dinikmati lagi sebagai campuran salad.

Demikianlah ulasan artikel diatas mengenai jenis makanan yang bahaya untuk dikonsumsi dapat dan berubah menjadi racun jika dipanaskan kembali. Semoga bermanfaat!

Kategori :