Jangan Disepelekan, Begini Cara Memanaskan Mobil Matic dan Manual yang Tepat

Sabtu 25-05-2024,10:10 WIB
Reporter : Verly
Editor : Putri Indah

BACA JUGA:Bukan Sekedar Hiasan, Ternyata Ini Fungsi Segitiga Pengaman Mobil Serta Cara Penggunaannya

Cara Memanaskan Mobil Matic dan Manual

Ada 2 jenis transmisi mobil yang kini hadir dipasaran, yakni mobil dengan transmisi manual dan transmisi matic. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Namun yang perlu dipahami saat ini adalah cara memanaskan mobil matic dan manual yang benar:

1. Memanaskan Mobil Matic

Saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan mobil matic dibandingkan manual, karena pengoperasiannya dianggap lebih mudah. 

Ini karena mobil matic tidak menyediakan tuas kopling tetapi transmisi otomatis, berbeda dengan mobil manual yang masih menggunakan tuas kopling sehingga perlu keseimbangan antara injakan kaki pedal kopling dan penggerak tuas transmisi.

Berikut ini cara yang benar dalam memanaskan mobil matic:

- Saat menyalakan mesin mobil, transmisi harus berada di posisi P atau transmisi parking. 

- Untuk memanaskan mobil, sebaiknya mobil dalam kondisi di transmisi P dengan tujuan agar mobil tidak mudah bergerak karena adanya cengkeraman mesin ke posisi transmisi. 

- Saat proses pemanasan mesin mobil, disarankan mobil cukup dibiarkan idle saja tanpa perlu memainkan pedal gas. Ini karena memanaskan mesin mobil matic bertujuan untuk mengisi kembali daya aki yang berkurang karena pemakaian komponen. Selain itu, mempertahankan posisi idle saat memanaskan mobil juga bisa mencegah gas buang dan efisiensi bahan bakar.

2. Memanaskan mobil manual

Memanaskan mobil manual sebenarnya tidak banyak berbeda dengan mobil matic.

Hanya saja yang perlu diperhatikan saat memanaskan mobil manual adalah memastikan posisi transmisi dalam posisi netral atau N dan juga menarik rem tangan. Posisi N saat memanaskan mobil mencegah mobil melaju atau meloncat saat dipanaskan.

Selain itu, saat memanaskan mobil manual juga tidak perlu menekan dan memainkan pedal gas. Apalagi untuk mobil yang tidak lagi menggunakan sistem pembakaran karburator.

Sebab, penekanan pedal gas pada mobil yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator bertujuan menjaga stasioner mesin agar tidak mati. Sedangkan saat ini, sistem pembakaran mobil sudah canggih dengan menggunakan sistem injeksi, sehingga penekanan pedal gas hanya menghabiskan bahan bakar dan menambah gas buang saja.

Kategori :