Resep Hari Ini: Cara Buat Dadar Gulung Enak dan Anti Gagal

Selasa 28-11-2023,07:35 WIB
Reporter : Andiani Herlina
Editor : Reza Fahlevi

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dadar gulung adalah warisan rasa tradisional yang memikat lidah dengan kelembutan kulit dadar dan kelezatan isian di dalamnya. Kulit dadar yang tipis, lembut, dan aromatik, diciptakan dari campuran telur, tepung terigu, dan santan kelapa, memberikan fondasi yang sempurna untuk menggulung cita rasa autentik Indonesia.

Isian dadar gulung sangat mengundang selera dengan perpaduan manis gula dan kelapa. Dimana gula merah yang meleleh di lidah, kelapa parut yang lembut, dipadukan dengan garam, menciptakan harmoni rasa yang memanjakan setiap rongga mulut. Proses penggulungan yang cermat menambah kesan estetis pada kudapan ini.

Dadar gulung bukan hanya sebuah camilan, melainkan juga jejak nostalgia akan kehangatan dan kebersamaan. Menikmati sentuhan rasa tradisional dalam setiap gigitan dadar gulung, sebagai pengingat akan kekayaan kuliner Indonesia yang tak ternilai.

Sebuah karya seni kuliner yang menggabungkan cita rasa dan tradisi dalam gulungan yang menggoda.

BACA JUGA:

Bahkan saat ini Anda dapat mengkreasikan dadar gulung dengan berbagai variasi. Misalnya, Anda dapat menambahkan irisan pisang atau keju parut sebagai tambahan isian. Anda juga bisa mencoba mengganti adonan gula kelapa dengan selai kacang, cokelat, atau buah-buahan sesuai selera Anda.

Tak hanya sebagai makanan tradisional yang mengundang nostalgia, dadar gulung juga cocok dijadikan sebagai hidangan untuk acara spesial, seperti pesta ulang tahun, arisan, atau acara keluarga.

Anda dapat menyajikannya dalam tumpukan cantik di atas piring, sehingga tamu-tamu Anda dapat dengan mudah mengambilnya.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat dadar gulung dengan mudah yang bisa anda lakukan saat senggang di rumah dan ingin membuat camilan manis untuk keluarga.

BACA JUGA:

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 300 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isi:

  • 200 gram gula kelapa
  • 100 ml air
  • 1 lembar daun pandan, diikat simpul

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, telur, santan, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.
  2. Panaskan wajan dadar dengan api sedang. Olesi permukaan wajan dengan minyak goreng.
  3. Tuang adonan dadar ke dalam wajan dengan menggunakan sendok sayur. Ratakan adonan dengan gerakan memutar hingga membentuk lingkaran tipis.
  4. Biarkan dadar matang di satu sisi, kemudian balikkan dan masak hingga kedua sisi dadar berwarna kecokelatan.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 sampai adonan habis.
  6. Untuk membuat isian, masukkan gula kelapa, air, dan daun pandan ke dalam panci. Panaskan panci dengan api sedang sambil terus diaduk hingga gula kelapa larut dan air mengering.
  7. Ambil selembar dadar, letakkan sejumput adonan gula kelapa di tengahnya. Lipat kedua sisi dadar ke dalam dan gulung hingga membentuk dadar gulung.
  8. Ulangi langkah 7 sampai semua dadar dan adonan gula kelapa habis.
  9. Dadar gulung siap disajikan. Anda dapat menyajikannya hangat atau dingin sesuai selera.
Kategori :