Takut Data Pribadi Digital Dicuri? Ini Tips Amankan Android dari Intel

Takut Data Pribadi Digital Dicuri? Ini Tips Amankan Android dari Intel

cara amankan smartphone android dari Intel--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Badan Keamanan Amerika Serikat (National Security Agency/NSA) yang termasuk lembaga intelijen membagikan tips untuk menjaga keamanan ponsel untuk Android dan iPhone. 

NSA membagikan tips untuk pengguna ponsel yang takut data-data di ponselnya itu dicuri, ataupun data aplikasi perbankannya diretas, hingga terkena ransomware. 

BACA JUGA:Siapa Sosok di Balik Akun Facebook Icha Shakila Penyebar Video Viral Ibu Mud Anak Balitanya? Ini Kata Polisi

Berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keamanan handphone kamu:

1. Lindungi ponsel dengan kata sandi 

NSA menyarankan untuk menggunakan enam digit sebagai password namun dengan catatan, pengguna menyalakan opsi menghapus data ponsel setelah 10 kali kesalahan memasukkan PIN.

Tidak melindungi ponsel dengan kata sandi akan membuat ponsel kamu jauh lebih menarik bagi pencuri, yang dapat dengan lebih mudah menghapusnya dan menyebarkannya, serta mempermudah siapa pun yang ingin mengintip komunikasi pribadi kamu untuk melakukannya.

2. Mematikan bluetooth saat tidak digunakan 

Hati-hati juga dengan penggunaan Bluetooth di ponsel kamu. Tidak hanya menghabiskan masa pakai baterai kamu, hal ini juga menawarkan cara lain kepada penyerang untuk menyusupi ponsel kamu. Matikan jika kamu tidak menggunakannya.

BACA JUGA:Begini Kronologi 71 Orang di Bogor Alami Keracunan saat Santap Makanan Tahlilan

3. Jangan menggunakan jaringan WiFi publik

Jaringan WiFi tak terpakai yang disimpan di ponsel juga menurut NSA harus dihapus. WiFi gratis yang ada di area publik memang menguntungkan karena kamu bisa menghemat kuota. Akan tetapi, WiFi publik kerap kali dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mengambil alih HP kamu. 

4. Jangan memberikan handphone kepada orang yang tidak dikenal 

Pengguna juga disarankan untuk menjaga kontrol fisik terhadap ponselnya setiap saat, alias jangan membiarkan ponselnya dipakai oleh orang tak dikenal. 

Ketika kamu memberikan handphone kamu kepada orang yang tidak dikenal ia bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi yang ada di handphone kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: