Tips Menentukan Berat Ideal Roller Motor Matic Biar Makin Responsif

Tips Menentukan Berat Ideal Roller Motor Matic Biar Makin Responsif

Untuk memilih ukuran berat roller yang ideal, pengendara harus mengetahui terlebih dahulu penggunaannya.--tacontabil,com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Roller merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada system CVT atau Continuously Variable Transmission dari kendaraan motor matic.

Pada kendaraan motor matic, roller berfungsi untuk mengatur pergeseran rasio transmisi secara otomatis, yang menimbulkan performa dan kecepatan.

Menentukan ukuran berat roller yang ideal bisa mempengaruhi tarikan akselerasi dalam berkendara.

Lantas bagaimana cara menentukan ukuran berat roller ideal untuk bisa menambah responsive motor matic? Berikut ini tipsnya yang akan kita ulas dalam artikel ini.

BACA JUGA:Awas! Bahaya Tersembunyi Busi Palsu Bagi Motor Anda

BACA JUGA:Gak Banyak yang Sadar, Ini Ciri Engine Mounting Motor Matic Rusak dan Minta Diganti

Apa itu Roller CVT Matic?

Sebelum mengetahui berat ideal untuk menentukan roller yang ideal untuk menambah responsive motor matic, akan lebih baik jika kita mengetahui dahulu tetang pengetahuannya.

Roller adalah komponen penting dalam sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic yang bentuknya bulat seperti ring dan biasanya terdiri dari 6 buah.

Pada pabrikan motor, roller selalu disematkan dengan berat yang sama rata dan ditempatkan di dalam drive pulley (pulley depan) dari sistem CVT. 

Seperti yang sempat dijelaskan di awal, bahwa roller berperan dalam mengatur pergeseran rasio transmisi secara otomatis yang sangat mempengaruhi performa akselerasi dan kecepatan motor matic.

Sistem CVT menggunakan prinsip kerja yang memungkinkan transmisi berubah secara terus-menerus tanpa gangguan, berbeda dengan transmisi manual yang memiliki gigi tetap. 

Roller memainkan peran kunci dalam system kerjanya, seperti:

1. Gaya Sentrifugal 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: