Takut Data Pribadi Digital Dicuri? Ini Tips Amankan Android dari Intel

Takut Data Pribadi Digital Dicuri? Ini Tips Amankan Android dari Intel

cara amankan smartphone android dari Intel--

BACA JUGA:Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor 2024, Cek Jadwal dan Lokasinya

5. Unduh Aplikasi dari Google Play Store

Ada banyak jenis aplikasi Android, seperti aplikasi dompet digital, aplikasi olahraga, dan sebagainya. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi, disarankan untuk mengunduhnya melalui Google Play Store.

Soal penggunaan aplikasi, pengguna disarankan untuk menginstal aplikasi seperlunya saja, yaitu aplikasi yang benar-benar dipakai setiap saat. NSA pun menyarankan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak dipakai.

6. Instal pembaruan 

Saat ada pembaruan firmware untuk ponsel atau aplikasi, segera instal pembaruan tersebut. Lalu jangan menggunakan perangkat untuk mengirimkan informasi sensitif, dan jangan pernah membuka attachment atau link dari email tak dikenal.

Melakukan pembaruan OS adalah cara terbaik lainnya untuk mengamankan HP Android kamu dari hack. Terkadang peretas memanfaatkan bug pada sistem operasi untuk meretas pengguna. Kamu dapat dengan cepat mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi, dengan memperbarui. 

BACA JUGA: Jelang Indonesia Open 2024, Gregoria Siap Perang Saudara dengan Putri KW di Putaran ke 6

7. Jangan sembarangan mengisi daya ponsel, 

Tempat pengisian daya dan akses Wi-Fi yang ada di tempat umum, seperti bandara, pesawat, taman, dan ruang pertemuan tak terjamin keamanan dan juga berisiko. Bahkan, beberapa pihak tak bertanggung jawab bisa mendapatkan seluruh data yang ada di smartphone. 

Alih-alih menggunakan outlet pengisian daya yang ada di tempat umum, lebih baik jika kamu membawa powerbank sendiri. Kamu juga bisa membawa kabel data yang hanya bisa dipakai untuk mengisi daya, bukan memindahkan file dan data. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari orang tak dikenal mencuri data dari smartphone kamu.

8. Melakukan jailbreak (untuk iPhone) dan root (untuk Android) sangat tidak disarankan oleh NSA. 

Location Services semestinya dimatikan jika sedang tak digunakan, dan ponsel mesti rutin di-restart, setidaknya seminggu sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: