Bingung Cari Hair Tonic yang Cocok Untuk Rambutmu? Ini Tips untuk Pilih yang Bagus

Bingung Cari Hair Tonic yang Cocok Untuk Rambutmu? Ini Tips untuk Pilih yang Bagus

cara memilih hair tonic yang bagus--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kulit kepala yang sehat akan membuahkan pertumbuhan rambut yang sehat pula. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, tak hanya menggunakan shampoo dan conditioner. Terkadang, kita juga menggunakan hair tonic. Hair tonic mungkin sudah sering kita gunakan untuk merawat rambut.

Seiring bertambahnya umur, kulit kepala juga bertambah tua. Oleh karena itu, kita perlu memberikan nutrisi tambahan agar pertumbuhan rambut tetap sehat.
Di sinilah peran hair tonic, yaitu menstimulasi sirkulasi darah di folikel rambut agar rambut tumbuh dengan sehat. Folikel rambut adalah tempat tumbuhnya rambut yang berbentuk seperti tabung dan mengelilingi akar serta helai rambut. Hair tonic biasanya hadir dalam bentuk spray dan droplet.

BACA JUGA:Punya Anak yang Pelupa? Jangan Cemas Ini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Galau? Luapkan Perasaan Kamu dengan Lagu, Nggak Cuman Lega Tapi Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Berikut Tips Memilih Hair Tonic yang Bagus

1. Lihat review sebelum membeli
Pertama-tama, perhatikan review pengguna sebelum membeli suatu produk. Tujuannya untuk memberikan pandangan dan informasi dari sebuah brand. Review biasanya berupa kelebihan atau kekurangan yang berupa kritikan dari para pembeli.

2. Kenali jenis rambut
Selanjutnya, ketahui jenis rambut agar produk yang dibeli tepat sasaran dan sesuai manfaatnya. Jika memiliki jenis rambut berminyak dengan masalah rambut rontok, maka pilih yang mampu mengatasi keluhan itu.

3. Perhatikan Kandungan Bahan Hair Tonic
Kandungan yarrow atau daun seribu efektif untuk mencegah kerontokan rambut. Daun seribu mengandung astringent yang dapat mengencangkan pori-pori kulit kepala dan memperkuat batang rambut. Jika memiliki masalah rambut rontok, cobalah menggunakan hair tonic yang terbuat dari bahan yarrow.
Untuk rambut berketombe, kamu bisa memilih hair tonic yang mengandung witch hazel. Kandungan witch hazel dapat mengatasi masalah seperti ketombe dan menghilangkan sisa produk perawatan rambut di kulit kepala.

4. Cari Produk yang Mendetoksifikasi Kulit Kepala
Kamu bisa memilih produk hair tonic yang membantu detoksifikasi kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Pilih hair tonic berbahan herbal atau mengandung bahan-bahan alami.

Sebab, hair tonic dengan kandungan bahan kimia dikhawatirkan dapat merusak rambut serta menyumbat folikel rambut.
Hair tonic dengan kandungan etanol dapat berbahaya bagi kulit kepala dan berisiko memicu keracunan. Gejala keracunan etanol dapat ditandai dengan muntah dan diare.

BACA JUGA:Berikut 7 Zodiak yang Paling Suka Overthinking Hingga Memperumit Hidupnya Sendiri!

BACA JUGA:Misteri Jujutsu Kaisen: 3 Alasan Misterius Yuta masih Selamatkan Yuji

5. Tanpa Bahan Kimia Berbahaya
Hindari hair tonic yang mengandung bahan kimia agresif seperti ammonia atau sulfat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.
Silikon dapat memberikan kilap pada rambut, tetapi penggunaan berlebih dapat menyebabkan penumpukan yang merugikan rambut. Pilih hair tonic yang memiliki kandungan silikon yang seimbang.

6. Periksa Kandungan Antioksidan dan Vitamin
Hair tonic yang mengandung antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut.
Pastikan hair tonic memiliki kandungan vitamin seperti vitamin E, C, atau A, yang mendukung kesehatan kulit kepala dan pertumbuhan rambut.

Berbagai Manfaat Hair Tonic untuk Kesehatan Rambut

Kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut ini jika memilih hair tonic yang tepat untuk masalah rambutmu:

- Nutrisi untuk Akar Rambut
Kandungan nutrisi dalam hair tonic membantu menguatkan akar rambut, yang esensial untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

- Mengurangi Ketombe dan Iritasi Kulit Kepala
Banyak hair tonic mengandung bahan-bahan yang efektif dalam mengatasi ketombe dan mengurangi iritasi kulit kepala, menjaga kesehatan kulit kepala dan mengatasi rambut rontok.

- Menambah Kilau Alami dan Kehalusan Rambut
Penggunaan teratur hair tonic dapat meningkatkan kilau alami rambut dan menjaga kelembutan rambut, membuat rambut tidak hanya terlihat sehat tapi juga terasa halus.
Semoga bermanfaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: