Punya Anak yang Pelupa? Jangan Cemas Ini Cara Mengatasinya

Punya Anak yang Pelupa? Jangan Cemas Ini Cara Mengatasinya

Tips mengatasi anak yang pelupa--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Mudah lupa dan sulit konsentrasi akan mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan menurunkan performa saat bekerja dan menimbulkan masalah akademik.

Melakukan perubahan kebiasaan dengan menciptakan suasana kerja atau belajar yang nyaman serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi dapat membuat otak lebih fokus dan mudah mengingat hal-hal baru.



Cara Mengatasi
Selagi masih muda, kamu bisa melakukan banyak hal untuk mencegah gangguan daya ingat tersebut berkembang semakin parah.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sering lupa yang dapat kamu lakukan:

1. Terapkan Pola Makan Sehat
Pertama-tama, kamu bisa menerapkan pola makan sehat karena bagaimanapun juga kemampuan otak dipengaruhi oleh nutrisi yang kamu makan.

Jika asupan nutrisi pada tubuhmu tidak lengkap, maka kemampuan otak juga bisa menurun.

2. Membaca Buku
Membaca buku juga bisa menjadi cara melatih otak agar tidak cepat lupa yang mudah dilakukan.

Sebab, dengan membaca buku, otak akan terlatih dalam kemampuan berimajinasi dan merangsang kinerja otak untuk menggambarkan suatu objek atau kejadian yang diceritakan oleh pengarang buku.
Selain itu, penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Neurology tahun 2013 telah membuktikan bahwa aktivitas yang melibatkan fungsi kognitif, seperti membaca buku secara rutin, diketahui dapat mengurangi risiko penurunan fungsi kognitif seiring dengan pertambahan usia.

BACA JUGA:Tips Membuat Kopi Enak di Rumah, Cita Rasa Bagai Coffeeshop Ternama

BACA JUGA: Ngeri! Cuma 69 Persen Bus Pariwisata yang Punya Bukti Lulus Uji Laik Jalan, Sisanya Menakutkan
3. Olahraga Rutin
Selain untuk kebugaran, olahraga juga dapat mengatasi sering lupa.

Olahraga yang dapat kamu  lakukan  seperti  aerobik, jogging, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. Melakukan hal tersebut secara rutin meningkatkan kadar oksigen ke otak dan mengurangi risiko masalah kesehatan, termasuk mudah lupa dan hilang ingatan.

4.  Meditasi
Studi di New York menemukan bahwa teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan memori  pada orang-orang dari segala usia, dari orang berusia 20-an hingga orang dewasa yang lebih tua.
Kamu dapat melakukan meditasi di pagi hari ataupun sore hari. Ini adalah waktu-waktu yang bagus untuk bermeditasi. Kuncinya, lakukanlah meditasi di tempat yang tenang untuk manfaat yang maksimal.  

5. Menjaga barang-barang agar tetap rapi
Rumah yang berantakan dapat membuat kamu mudah lupa dan tidak bisa fokus dengan baik ketika bekerja atau belajar. Tata rapi barang-barang di rumah dan buang barang-barang yang tidak berguna sehingga tidak menumpuk. Kamu juga bisa membuat daftar tugas yang perlu dilakukan atau diselesaikan agar bisa lebih fokus dan tidak mudah lupa.

6. Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan
Saat tubuhmu kekurangan cairan, maka kinerja otak juga akan menurun. Tidak heran jika orang yang dehidrasi biasanya akan kesulitan untuk mengingat sesuatu. Jadi pastikan kamu selalu minum air putih yang cukup setiap hari. Sesuaikan banyaknya air putih dengan kebutuhan tubuh agar kamu tidak mengalami dehidrasi.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Pisces Hari ini Kamis 23 Mei 2024, Penasaran? Cek Selengkapnya di Sini!

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ada 7 Manfaat Kembang Turi untuk Kesehatan Tubuh

7. Aktif Bersosialisasi dengan Orang Sekitar
Aktif bersosialisasi serta menjalin komunikasi dengan orang sekitar merupakan salah satu cara mengasah otak agar tidak mudah lupa yang efektif untuk dilakukan. Sebab, bersosialisasi dapat membuat seseorang terhindar dari stres dan depresi yang dapat mengganggu kemampuan otak dan fungsi kognitif.

8. Menghindari Stres
Cara mengatasi sering lupaa yang terakhir adalah dengan menghindari stress. Seperti disebutkan di atas bahwa stres menjadi salah satu penyebab kehilangan beberapa ingatan. Oleh karena itu usahakan untuk meminimalisir potensi stres dalam kehidupan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga , melakukan hobi, atau kegiatan-kegiatan yang digemari.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: