Pengisi Suara Doraemon, Nobuyo Oyama Berpulang pada Usia 90 Tahun

Pengisi Suara Doraemon, Nobuyo Oyama Berpulang pada Usia 90 Tahun

Dunia anime berduka, Nobuyo Oyama Berpulang di usia 90 tahun--

Radarpena.co.id,Jakarta - Agensi bakat Actors Seven mengumumkan pada hari Jumat,11 Oktober 2024 bahwa Nobuyo Oyama (yang memiliki nama asli Nobuyo Yamashita), meninggal dunia pada 29 September karena penyakit kepikunan. Ia berusia 90 tahun. Oyama sendiri dikenal sebagai pengisi suara atau seiyuu Doraemon dalam berbagai versi anime.

Oyama lahir pada 16 Oktober 1933 di Tokyo. Ia menempuh pendidikan di sekolah akting dan memulai debutnya dalam drama NHK pada tahun 1956. Ia debut sebagai pengisi suara pada tahun 1957.

Pada tahun 2015, Oyama mengungkapkan bahwa ia telah menderita demensia sejak tahun 2012. Ia juga mengalami infark serebral pada tahun 2008 dan awalnya mengira gejala demensia adalah akibat dari penyakit tersebut. Meskipun demikian, ia tetap melanjutkan pekerjaan sebagai pengisi suara pada tahun 2015, dan kehidupannya diangkat acara spesial televisi yang didramatisasi berjudul “Zutto Issho da yo -Seiyū,Oyama Nobuyo Monogatari” (Bersama untuk Waktu yang Lama: Kisah Pengisi Suara Nobuyo Ōyama) pada bulan Desember 2015.

BACA JUGA:Pembelaan Joaquin Phoenix soal Akhir Joker yang Kontroversial

BACA JUGA:Film Kemah Terlarang Tayang Perdana! 70 Ribu Penonton jadi Saksi Kengerian dan Ketegangannya

Nobuyo Oyama, pengisi suara anime Jepang yang digemari banyak anak di Asia, “Doraemon”, telah meninggal dunia pada usia 90 tahun, agensinya mengonfirmasi pada hari Jumat.

Oyama meninggal pada tanggal 29 September karena usia tua, menurut agensi Actors 7. Pihak agensi meminta maaf atas keterlambatan dalam pernyataannya, dengan menambahkan: "Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kebaikan yang Anda berikan kepada mendiang selama hidupnya."

Pemakaman pribadi yang dihadiri oleh kerabat diadakan untuk Oyama, kata lembaga tersebut.

Oyama paling dikenal karena mengisi suara karakter dengan nama yang sama dalam acara televisi “Doraemon”, yang ditayangkan dari tahun 1979 hingga 2005 – hanya satu dari tiga acara dalam waralaba Doraemon yang lebih besar, yang menjadi populer secara global, terutama di pasar regional seperti Hong Kong dan Vietnam.

 

Waralaba ini mencakup lusinan film animasi, permainan video, album musik, dan serial manga.

Mereka mengikuti petualangan Doraemon, seekor robot kucing dari abad ke-22 yang datang ke masa kini untuk membantu seorang anak laki-laki bernama Nobita "yang buruk dalam segala hal," menurut situs web resmi waralaba tersebut. Karakter biru-putih yang tampak ramah itu sering menyelamatkan Nobita dengan mengeluarkan gadget rahasia dari masa depan dari kantong di perutnya.

BACA JUGA:Ahmed Al Kaf Wasit Tak Kredibel! Kontroversi IG Lenyap hingga Kemungkinan Tanding Ulang?

Menurut lembaga penyiaran publik Jepang NHK, Oyama lahir di Tokyo. Sebelum mengisi suara Doraemon, ia juga berperan dalam pertunjukan boneka NHK “Boo Foo Woo,” yang berlangsung dari tahun 1960 hingga 1967, kata lembaga penyiaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: