Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Makanan Manis: Waspada Risiko Buruk pada Kesehatan

Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Makanan Manis: Waspada Risiko Buruk pada Kesehatan

Ilustrasi foto: cara menikmati makanan dan minuman manis dengan tepat.-Foto: Unsplash.com/FarhadIbrahimzade-

4. Peningkatan Berat Badan

Gula yang berlebihan dalam tubuh dapat dengan cepat berubah menjadi lemak, terutama di area perut. Ini disebabkan oleh sifat gula yang tinggi kalori namun rendah nutrisi, sehingga mudah menumpuk sebagai lemak tubuh jika tidak digunakan sebagai energi.

Konsumsi makanan manis yang berlebihan juga sering kali meningkatkan rasa lapar, yang akhirnya membuat kita makan lebih banyak.

5. Sering Ingin Makan Manis

Mengonsumsi gula berlebihan dapat membuat tubuh ketagihan dan selalu menginginkan makanan manis. Ini terjadi karena gula memicu pelepasan hormon dopamin, yang memberikan rasa senang di otak.

Akibatnya, tubuh terus menginginkan gula untuk mendapatkan "rasa bahagia" tersebut. Pola ini mirip dengan kecanduan yang sulit diatasi dan membuat kita cenderung makan makanan manis secara berlebihan.

6. Masalah Gigi dan Gusi

Gula dikenal sebagai musuh utama bagi kesehatan gigi. Mengonsumsi makanan manis berlebihan dapat menyebabkan pembentukan plak pada gigi, yang kemudian dapat berkembang menjadi gigi berlubang dan radang gusi.

Bakteri di dalam mulut memecah gula menjadi asam, yang kemudian merusak lapisan pelindung gigi, menyebabkan kerusakan permanen jika tidak segera diatasi.

7. Sistem Imun Melemah

Konsumsi gula berlebihan dapat melemahkan sistem imun tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kadar gula tinggi dalam darah dapat menghambat kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi. Akibatnya, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, seperti flu dan batuk.

8. Gangguan Pencernaan

Makanan manis yang berlebihan, terutama yang mengandung gula olahan, dapat memicu gangguan pencernaan. Gula dapat menyebabkan fermentasi di dalam usus, yang menghasilkan gas dan menyebabkan perut kembung.

Selain itu, gula berlebih juga bisa memengaruhi keseimbangan bakteri baik di usus, yang berdampak negatif pada pencernaan dan kesehatan usus secara keseluruhan.

9. Mood yang Tidak Stabil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: