Viral! Pernikahan Adat Banjar Bikin Geleng-Geleng Kepala, Pengantin Wanita Disuruh Serok Uang Tunai Rp50 Juta

Viral! Pernikahan Adat Banjar Bikin Geleng-Geleng Kepala, Pengantin Wanita Disuruh Serok Uang Tunai Rp50 Juta

Viral pernikahan adat Banjar di Kalimantan Selatan.--instagram.com/berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Baru-baru ini viral video pernikahan adat Banjar di Kalimantan Selatan setelah pengantin wanita menyerok uang tunai senilai RP50 juta. Video tentang prosesi pernikahan itu mulai viral berawal dari postingan akun TikTok @putttriamaliaa. 

Dalam video pengantin wanita yang memakai busana serba putih mengambil uang tunai yang berada dihadapannya dengan menggunakan sutil. Uang tersebut diletakkan dalam wadah yan telah didekorasi. 

Ritual ini menarik perhatian ibu-ibu yang kemudian berebut mengambil daun pisang yang ditempeli uang tunai di lokasi pernikahan. Prosesi yang unik ini menjadi bagian dari upacara hantar jujuran dalam pernikahan adat Banjar.

Putri Amaliah, wanita 20 tahun yang menjadi pengantin dalam video, mengungkapkan bahwa pernikahannya dengan Muhammad Rizkhy Chairul digelar pada 19 Juni 2024. Ia menjelaskan bahwa upacara tersebut merupakan bagian dari tradisi hantar jujuran dalam adat Banjar dan Bugis.

BACA JUGA:

Uang panai atau uang untuk biaya resepsi yang diserok itu jumlahnya Rp50 juta. Uang tersebut diberikan sebagai simbol biaya untuk acara resepsi di rumah mempelai wanita,” ujar Putri.

Menurut Putri, uang panai dan seserahan dibawa oleh pihak mempelai laki-laki dan disambut oleh keluarga mempelai wanita. Tradisi ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk merebut uang yang ditempelkan pada batang pisang, uang koin yang dibungkus permen gula merah, dan potongan kelapa muda yang dihias.

"Tradisi merebut hiasan uang koin dan kelapa muda ini diyakini membawa banyak berkah," kata Putri. Acara ini biasanya disertai dengan doa selamat, menambah kesakralan momen tersebut.

BACA JUGA:

Tak sedikit netizen penasaran dengan prosesi adat di pernikahan tersebut.

"awalnya ga ingin nikah. ehhh pas melihat soibah nikah.pakek adat ini jadi pengen nikah cepet cepet," ujar seorang netizen.

"adat mana ini woy seru bgt jd pgn ikutan rebutan sawerannya," tandas netizen lain.

"enak banget ya nikah dapat uang segitu banyaknya tapi di pikir lgi ga smua dapat pasangan yang banyak uang sebagian ada yg sederhana kembali ke mimpi aja dulu," ungkap netizen lain.

Pernikahan adat Banjar dikenal dengan serangkaian prosesi yang menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Kalimantan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: