7 Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Haid

7 Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Haid

Manfaat bunga telang untuk tubuh-Foto: Freepik/@wirestock-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Manfaat bunga telang bagi kesehatan diperoleh dari beragam kandungannya, seperti ternatin, vitamin C, vitamin B1 dan B2, serta berbagai kandungan antioksidan (flavonoid, delphinidin, kaempferol, dan p-Coumaric acid).

Bunga telang yang kaya dengan antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, dan bahkan berpotensi dalam pengobatan antikanker.

Kandungan nutrisi yang ada dalam bunga telang antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, kaempferol, asam p-coumaric, dan banyak lagi.

Bunga telang atau Clitoria ternatea merupakan jenis bunga yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain memiliki tampilan cantik dan sering digunakan sebagai tanaman hias, bunga ini juga memiliki banyak khasiat, termasuk bagi kesehatan.

BACA JUGA:

Manfaat

Berikut ini manfaat dari bunga telang yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut:

1. Melancarkan Haid

Manfaat bunga telang untuk melancarkan haid sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat. Jadi, selain minum jamu, kamu juga bisa meminum rebusan akar bunga telang untuk mengurangi nyeri haid.

Selain itu, bunga ini juga dapat meningkatkan kesuburan rahim bagi kaum perempuan.Cara mengolahnya sangat mudah, yaitu dengan merebus akar bunga telang yang berwarna Minum air rebusan tersebut secara rutin untuk melancarkan haid.

2. Mengontrol Tekanan Darah dan Gula Darah

Khasiat bunga telang untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh.

Bunga telang mengandung senyawa antosianin yang dapat mengurangi kekakuan pembuluh darah arteri sehingga bisa melancarkan aliran darah. Secara tidak langsung, bunga telang dapat mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: