7 Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Haid

7 Manfaat Bunga Telang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Melancarkan Haid

Manfaat bunga telang untuk tubuh-Foto: Freepik/@wirestock-

Selain itu, bunga telang juga dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah.

Dengan mengonsumsi teh bunga telang secara rutin, maka keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh pun akan terjaga, terutama pada penderita penyakit diabetes. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah menurunkan kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Jika kolesterol dapat dikontrol, maka kesehatan organ jantung pun dapat terjaga dengan baik.

4. Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat bunga telang selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko hipertensi penyakit jantung.Senyawa yang ada di dalam bunga telang diklaim dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, dapat juga mencegah terjadinya kekakuan pada arteri, yang berpotensi menimbulkan masalah jantung.Kamu bisa mengolah ramuan bunga telang dalam bentuk teh. Caranya, Rendam 10 kelopak bunga telang di dalam air panas selama 15 menit. Lalu saring dan minum secara teratur. 

5. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Sekitar 51-52 persen bunga telang mengandung asam oleat. Asam oleat sendiri merupakan asam lemak yang biasa ditemukan pada minyak zaitun. Manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, yaitu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.

6. Jaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan di dalam bunga telang yang disebut dengan proanthocyanidin diketahui dapat melancarkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan mata, seperti glaukoma, penglihatan kabur, katarak, mata lelah, dan kerusakan retina.

7. Meringankan Gejala Depresi

Di dalam bunga telang terkandung asam palmitat, yaitu senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Asam linoleat sendiri adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Manfaatnya melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan. Nah, asam palmitat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.

Demikianlah manfaat dari bunga telang yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: