Suhu 51 Derajat! Jemaah Haji Indonesia Tak Dapat Tenda di Mina, Ini Alasan Menko PMK Muhadjir Effendy

Suhu 51 Derajat! Jemaah Haji Indonesia Tak Dapat Tenda di Mina, Ini Alasan Menko PMK Muhadjir Effendy

Jemaah haji Indonesia tak dapat tenda di Mina--detik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Nasib menyedihkan bagi jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi. Para jemaah haji Indonesia tak mendapatkan tenda saat berada di Mina.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, penyebab jemaahhaji Indonesia tak mendapatkan tenda karena keterbatasan lahan.

“Kalau itu (jamaah haji tidak mendapatkan tenda) terjadi, saya kira memang belum ada solusi, karena memang tempatnya yang sangat terbatas, termasuk juga toilet. Saya mengusulkan itu supaya toiletnya dibuat beberapa lantai, tidak satu lantai, sehingga menghabiskan tempat, karena untuk toilet saja bisa habis banyak tempatnya sehingga harus dinaikkan di Mina itu,” kata Muhadjir, Kamis 20 Juni 2024.

Untuk mengatasi hal tersebut, Muhadjir menegaskan bahwa dirinya akan meninjau langsung ke Arab Saudi pada 3 Juli 2024, sekaligus mengevaluasi pelaksanaan ibadah haji.

BACA JUGA:

“Nanti kira-kira tanggal 3 Juli saya akan ke sana (Arab Saudi) untuk mengecek dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada,” ujar dia.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga akan mengirimkan daging kurban untuk jemaah haji Indonesia.

"Untuk memastikan bahwa tahun ini kita akan mulai mengirim kembali daging kurban para jemaah haji Indonesia untuk kembali ke Indonesia dalam bentuk makanan siap saji makanan daging kaleng yang sudah diolah," imbuhnya.

Suhu di Arab Saudi Capai 51 Derajat Celcius

Berdasarkan laporan BMKG Arab Saudi, suhu panas di pada musim haji 2024 ini tembus 51,8 derajat celcius. Panas 51,8 derajat celcius itu, terjadi di Masjidil Haram di Makkah pada hari Senin (17/6/2024).

Sedangkan, Selasa (18/6/2024), suhu panas sempat menurun mencapai 47 derajat celcius. Akibat panas tersebut, beberapa jemaah haji dilaporkan pingsan saat mencoba melakukan lempar jumrah.(anisha)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: