Akses Layanan Kesehatan Semakin Mudah dan Praktis, Peserta JKN Asal Sleman Merasa Beruntung

Akses Layanan Kesehatan Semakin Mudah dan Praktis, Peserta JKN Asal Sleman Merasa Beruntung

Mutasi KIS ke JKN: Panduan Lengkap dan Terbaru-Sumber : Pinterest-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Program Jaminan Kesehatan Nasional senantiasa berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi para peserta JKN. Salah satu inovasi yang dikembangkan yaitu simplifikasi Hemodialisis (HD) melalui penggunaan sidik jari atau fingerprint pasien HD. 

Secara administrasi, simplifikasi ini diharapkan dapat memudahkan fasilitas kesehatan dalam mempercepat pemberian layanan kepada peserta. Dengan penggunaan rekam sidik jari, waktu antrean dapat dipangkas sehingga pelayanan lebih praktis dan cepat. 

Manfaat tersebut telahManfaat tersebut telah dirasakan oleh keluarga Citra Ayuningtyas yang berasal dari Kalurahan Sinduadi, Mlati, Sleman. Menurut pengakuannya, kini proses yang dijalani semakin mudah, cepat, dan setara. 

Sekarang periksa layanan HD di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) cukup menggunakan sidik jari saja, jadi dapat menghemat banyak waktu.

BACA JUGA:

“Alur dan prosedur layanan untuk peserta cuci darah sekarang semakin mudah di FKRTL, kini tidak perlu lagi mengulang surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), periksa cukup menggunakan sidik jari. Bahkan dokter dan tenaga medis juga ramah-ramah. Dengan jaminan sosial kesehatan ini bisa dimanfaatkan untuk berobat sewaktu-waktu,” kata Citra saat proses cuci darah di Klinik Dialisis Damai Sejahtera di Kalurahan Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, pada Kamis, 30 Mei 2024.

Dia mengatakan sudah rutin seminggu dua kali untuk cuci darah. Penyakit gagal ginjal yang diderita bukan pertama kali. Pasalnya, di tahun 2014 lalu sempat mengalami sakit yang sama, namun karena menjalani transplantasi ginjal dirinya bisa kembali sehat.

“Dari kasus yang pertama, oleh dokter disarankan untuk ikut menjadi peserta JKN di 2015. Ternyata banyak manfaatnya karena sakit yang kedua ada jaminan dari BPJS Kesehatan,” ucap Citra.

Sudah banyak manfaat yang diperoleh dari menjadi peserta JKN selama menjalani perawatan yang kedua. Ia banyak terbantu karena proses cuci darah ditanggung Program JKN sehingga tidak mengeluarkan biaya.

“Jelas sangat membantu dan banyak manfaat yang dirasakan selama proses perawatan cuci darah. Tidak ada mengeluarkan biaya apapun selama ini, semuanya dijamin oleh JKN,” katanya.

BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan yang bekerja sama, terutama untuk pasien cuci darah juga terus mengalami peningkatan dalam hal pelayanan. Berbagai simplifikasi administrasi layanan terus ditingkatkan. 

BACA JUGA:

Upaya yang terus dilakukan tersebut salah satunya atas dasar pertimbangan peningkatan jumlah pasien yang juga harus disertai dengan peningkatan kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan. Penyederhanaan alur pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk komitmen terhadap perbaikan layanan kepada peserta JKN.

“Pelayanan BPJS Kesehatan sangat bagus sekali karena tidak ribet dan selalu ada peningkatan dari waktu ke waktu. Makin kesini makin banyak perbaikan-perbaikan dan terus semakin baik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: