Catat! Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Pada Lansia Agar Terhindar Dari Penyakit Degeneratif

Catat! Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Pada Lansia Agar Terhindar Dari Penyakit Degeneratif

Ilustrasi lansia.--unsplash.com

Jangan lupa bersosialisasi

Penting untuk membiasakan diri agar tetap bersosialisasi. Meskipun bersosialisasi akan terasa semakin sulit seiring dengan bertambahnya usia, penting untuk tetap menjalani aktivitas bersama keluarga dan teman. Anda dapat datang ke acara arisan keluarga, bepergian ke taman, atau melakukan hobi yang sama dengan teman-teman. Melakukan interaksi sosial dapat menjaga kesehatan jiwa, dan membuat pikiran menjadi lebih terbuka. Selain itu, lansia juga tidak akan merasa terkurung di dalam rumah.

BACA JUGA:

Hindari membebani pikiran berlebihan

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghindari stres. Jangan bebani pikiran Anda dengan stres dan pikiran yang berat. Ingat, stres memicu depresi dan cemas berlebihan yang tentu buruk untuk setiap orang, bukan hanya lansia. Ketimbang stres, Anda bisa mencurahkan perasaan pada orang yang Anda ajak percaya, seperti sahabat atau keluarga dekat. Salurkan juga beban pikiran Anda pada kegiatan olahraga bersama teman atau berpartisipasi dalam komunitas-komunitas yang ada di sekitar rumah Anda. 

Melakukan pemeriksaan kesehatan dan minum obat secara rutin

Pertambahan usia ternyata meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit. Tak heran jika lansia sangat rentan mengalami bermacam-macam penyakit serius. Penyebab yang umum terjadi adalah sistem imun yang kian melemah. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan, lansia perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Hal ini bertujuan agar lansia dan anggota keluarga lainnya bisa memantau secara berkala kondisi kesehatannya. 

Dengan begitu, jika muncul gejala-gejala tertentu, lansia dan keluarga bisa segera melakukan pemeriksaan lanjut atau mengambil tindakan. Pasalnya, semakin lama kondisi lansia didiagnosis dan mendapatkan penanganan, semakin buruk pula kondisi tubuhnya. Hal ini tentu saja dapat mempersulit rencana proses pengobatan. Selama melakukan pengobatan, sebaiknya catat perkembangan kesehatan lansia. Selain itu, rutin untuk minum obat sesuai dengan anjuran dan resep dari dokter. Apabila penggunaan obat menyebabkan efek samping, konsultasikan kepada dokter untuk mengganti dengan obat lain.

Menjaga kesehatan jiwa para lansia sama penting dengan merawat kondisi fisik karena keduanya dapat saling memengaruhi. Untuk itu, lakukan langkah-langkah mudah di atas untuk menjaga kesehatan jiwa. Bila Anda mengalami perasaan negatif yang terus-menerus, jangan ragu untuk menemui dokter atau psikolog. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: