Catat! Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Pada Lansia Agar Terhindar Dari Penyakit Degeneratif

Catat! Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Pada Lansia Agar Terhindar Dari Penyakit Degeneratif

Ilustrasi lansia.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Banyak hal yang mengganggu kesehatan jiwa saat usia semakin menua. Misalnya seperti penyakit degeneratif. Beberapa jenis penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan demensia, dapat menyebabkan gangguan pola pikir dan daya ingat, serta membuat para lansia mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Seiring bertambahnya usia, tubuh juga akan menjadi semakin kesulitan untuk beraktivitas atau pergi ke tempat yang diinginkan. Ujung-ujungnya, hal ini dapat memicu depresi dan perasaan tidak berdaya. 

Hal-hal ini dapat memicu tidak nafsu makan hingga kesulitan tidur yang merembet pada gangguan kesehatan fisik lainnya. Orang menjadi lebih bersemangat saat mentalnya sehat. Potensi dan kemampuan yang dimiliki dapat disalurkan secara maksimal untuk menghadapi tantangan hidup.

Seseorang juga makin mudah membangun hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, saat mental bermasalah, segala hal dapat terpengaruh. Mental yang buruk memengaruhi suasana hati dan emosi.

BACA JUGA:

Prestasi, interaksi dengan orang lain, sampai pola makan teratur dapat mengarah ke sisi negatif. Oleh sebab itu, kesehatan tidak memilah antara fisik dan mental. Keduanya berjalan beriringan dan perlu saling dijaga kebaikannya.

Termasuk bagi orang lanjut usia (lansia), mereka perlu mendapat perhatian pula dalam urusan kesehatan mental karena umumnya mulai "tersisih" dalam kehidupan.

Cara lansia menjaga kesehatan jiwa 

Hal-hal di atas berisiko membuat lansia depresi, merasa kesepian, bahkan memilih hidup menyendiri. Agar tidak menimpa Anda, ada berbagai hal dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa para lansia, yaitu:  

Mengonsumsi makan sehat

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mulai mengonsumsi makanan yang benar secara teratur. Asupan makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang dapat memberikan dampak yang baik kepada kesehatan fisik dan jiwa para lansia. 

Menjalani hidup bahagia

Menurut HelpGuide, salah satu resep hidup sehat bagi lansia yang sering diabaikan adalah menjalani hidup dengan bahagia. Temukan kebahagiaan dari hal-hal kecil yang ada di sekeliling Anda. Syukuri keberadaan orang-orang yang peduli  pada Anda, serta kondisi apapun yang sedang Anda hadapi saat ini. Mungkin terdengar sangat mudah, akan tetapi berbagai perubahan dalam hidup dan banyaknya kehilangan Anda alami dapat menguji Anda hingga lupa rasanya bahagia dan bersyukur.

Masalahnya, terlalu terlena dengan kesedihan dapat membuat Anda stres dan tertekan. Kedua hal itu berpotensi tinggi memengaruhi kesehatan fisik dan pikiran. Oleh karena itu, menjalani hidup dengan bahagia dan penuh syukur dapat membantu Anda menjaga pikiran dan hati tetap tenang. Dengan begitu, Anda tidak mudah sedih, stres, dan tertekan, sehingga kesehatan baik fisik maupun mental Anda tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: