Cocok Sebagai Pendamping Daging, Buah-buahan ini Ampuh untuk Turunkan Kolesterol

Cocok Sebagai Pendamping Daging, Buah-buahan ini Ampuh untuk Turunkan Kolesterol

Ilustrasi buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.--Foto: Unsplash.com/JuliaZolotova

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Momen Hari Raya Idul Adha kurang lengkap bila tidak menyantap daging bersama keluarga. Salah satu kuliner berlemak di momen ini tentu menjadi menu umum yang disajikan saat perayaan Idul Adha

Dibalik momen perayaan Idul Adha dan menu-menu makanan tersebut tentu ada hal yang harus diwaspadai, yaitu kolesterol. Sebab, kolesterol tinggi adalah salah satu kondisi yang banyak diderita oleh orang-orang setelah Hari Raya Idul Adha akibat pola makan yang tidak terkontrol. 

Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang tidak boleh diabaikan karena sumber atau pemicu berbagai gangguan kesehatan, seperti risiko penyakit jantung, stroke, hingga memburuknya sirkulasi darah. 

Maka dari itu, penting untuk kita menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. 

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, diantaranya: 

Alpukat

Memiliki riwayat kolesterol tinggi? Konsumsi buah alpukat saja! Jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin mengonsumsi buah alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. 

Jambu Biji

Kandungan dalam buah jambu biji juga bisa membantu melindungi jantung, terutama dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan kalium dan serta yang ada dalam buah ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Pisang

Buah ini kaya akan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Pisang juga mengandung kalium, yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

Buah Bit

Buah bit disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi, meski masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Namun, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology membuktikan bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: