8 Manfaat Musik untuk Kesehatan Secara Psikologis, Apa Saja?

8 Manfaat Musik untuk Kesehatan Secara Psikologis, Apa Saja?

Manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan secara psikologis.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mendengarkan musik dapat menghibur dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Ada juga yang mengatakan bahwa musik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Musik sendiri dapat menjadi sumber kesenangan dan kepuasan, tetapi masih ada lagi manfaat musik lainnya terkait kesehatan mental. Anggapan bahwa musik memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku bukan berita baru. 

Jika kamu pernah merasa bersemangat ketika mendengar hentakan musik beraliran rock, atau tiba-tiba merasa galau ketika turut mengalunkan musik sendu, kamu dengan mudah memahami kekuatan musik untuk memengaruhi suasana hati, bahkan menginspirasi perilaku.

Mendengarkan musik dapat membantu orang melewati masa-masa sulit, dan bagi sebagian orang, musik juga memotivasi dalam hidup. 

BACA JUGA:

Terbukti bahwa mendengarkan musik favorit dapat membantu meringankan masalah mental, karena dengan mendengarkan musik favorit seseorang dapat menstabilkan kembali emosinya bahkan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Selain menyenangkan, mendengarkan musik juga berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Tidak hanya baik untuk kesehatan mental, mendengarkan musik juga bermanfaat bagi kesehatan fisik. Berikut ini adalah berbagai manfaat musik untuk kesehatan secara keseluruhan:

Meningkatkan kreativitas

Manfaat musik dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini karena gairah emosional yang ditimbulkan oleh pendengar musik merangsang kinerja otak dan memicu otak untuk berpikir kreatif.

Menambah semangat untuk beraktivitas

Mendengarkan musik yang energik bisa membangkitkan semangat dan mood untuk beraktivitas. Dengan begitu, Anda pun bisa produktif dan pekerjaan yang rumit pun mampu diselesaikan dengan baik.

Membantu tidur lebih baik 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi solusi yang aman, efektif, dan terjangkau untuk penderita insonia. Penelitian lain menemukan bahwa mendengarkan musik membuat kualitas tidur lebih baik daripada mendengarkan audiobook atau tidak menerima intervensi.

Meningkatkan mood 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: