Ingin Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal? Ini Daftar Kantong Parkir yang Disediakan, Dijamin Tanpa Pungli

Ingin Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal? Ini Daftar Kantong Parkir yang Disediakan, Dijamin Tanpa Pungli

Suasana Sebelum Shalat Eid di Masjid Istiqlal. dok: Candra Pratama--Chandra Pratama

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bagi yang ingin Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal dan membawa kendaraan pribadi, tak perlu takut dan ragu.

Panitia Masjid Istiqlal telah menyiapkan kantong parkir untuk para jemaah yang akan salat Idul Adha 1445 pada Senin, 17 Juni 2024.

Kantong parkir yang disediakan dipastikan aman dan bebas dari pungutan liar (pungli) atau para juru parkir liar.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan ada baseman yang bisa menampung 1000 kendaraan para jemaah.

"Ya kita sudah mengantisipasi parkir kita di basement ada dua lantai itu bisa menampung sekitar 1000 mobil dan motor di sela-selanya," kata Nasaruddin saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juni 2024.

BACA JUGA:

Selain itu, lanjut Nasaruddin, pihaknya juga telah bekerjasama dengan pihak Gereja Katedral hingga Kementerian Agama untuk menjadi tempat parkir para jemaah.

"Kemudian juga di jalanan seputar Istiqlal itu bisa dipakai satu lapis, kemudian juga kita bekerja sama dengan Katedral, kantor pos, kemudian Pertamina, dan di kementerian agama, itu bisa parkir di tempat itu," ungkapnya.

Guna mengantisipasi kemacetan, pihak Masjid Istiqlal juga telah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk menghindari adanya parkir liar.

"Insya Allah kita juga sudah mengantisipasi supaya tidak terjadi kemacetan tidak terjadi semacam ada yang mengganggu pada tukang parkir gitulah, petugas kepolisian kita yang akan turun tangan mengantisipasi semuanya, sehingga diharapkan Semuanya lancar, tidak ada isu-isu di sekitar parkir liar dan sebagainya Itu semua akan diantisipasi oleh pihak kepolisian langsung," imbuhnya.

Lebih lanjut, Nasarudin mengungkapkan para TNI dan Polri juga telah memiliki kesepakatan untuk menghindari terjadinya parkir liar.

"Ya (ada penindakan), mereka punya sistem jadi bersepakat antara teman-teman dari TNI dan Polri akan mengambil alih perparkiran sekitar Istiqlal, sehingga tidak ada lagi masalah," tutupnya.(sabrina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: