Tips Penting! Bumil Wajib Tahu Cara Menjaga Kesehatan dan Janin Dalam Kandungan Agar Sehat Sampai Melahirkan

Tips Penting! Bumil Wajib Tahu Cara Menjaga Kesehatan dan Janin Dalam Kandungan Agar Sehat Sampai Melahirkan

Ilustrasi ibu hamil: Tips menjaga kesehatan ibu hamil dan janin agar tetap sehat.--Foto: Unsplash.com/Freestocks

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjaga kesehatan saat sedang hamil sangat penting dilakukan untuk ibu dan bayi yang ada dalam kandungan. Hal itu dilakukan supaya janin dapat berkembang dengan baik sampai saat dilahirkan.

Kesehatan sang ibu juga sangat penting saat lagi hamil, apalagi soal kesehatan mental saat hamil. Kesehatan mental merupakan salah satu aspek kehidupan yang harus dijaga sebaik mungkin, terutama bagi bumil.

Kondisi psikis bumil juga sangat mempengaruhi perkembangan bayi yang ada dalam kandungan. Bumil juga harus menahan emosi saat sedang hamil, supaya kehamilannya sehat dan lancar sampi kelahiran nanti.

Berikut ini tips sederhana menjaga kesehatan bumil dan janin di dalam kandungan diantaranya:

BACA JUGA:

1. Konsumsi makanan yang bergizi

Saat sedang hamil dibutuhkan makanan yang bergizi untuk mendukung kesehatan bumil serta janin yang berada di dalam kandungan. Sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga berat badan saat hamil dan juga dapat membantu stamina bumil agar terhindar dari komplikasi saat kehamilan dengan menjaga pola makan yang sehat. Makanlah makanan seperti ikan laut, buah-buahan, sayuran, hingga produk olahan susu.

2. Bangun kedekatan dengan si janin

Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental bumil, dengan cara berinteraksi dengan janin apalagi saat memasuki trimester kedua. Sangat penting dilakukan karena dapat memicu perkembangan janin dan membangun energi yang positif untuk bumil dapat mencegah baby blues sesudah melahirkan.

3. Tidak merokok dan tidak minum alkohol

Jika sang ibu perokok atau sering minum alkohol, sebaiknya dihindari. Hal itu dapat membuat resiko keguguran yang lebih tinggi. Hal lain yang dapat terjadi kalau bumil perokok dan masih minum alkohol yaitu dapat meningkatkan resiko bayi yang akan lahir menjadi prematur, bayi akan meninggal, cacat dan berat badan akan rendah. Maka dari itu bumil harus pintar menjaga pola hidup sehat saat sedang mengandung.

BACA JUGA:

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup menjadi sangat penting untuk bumil, karena kalau bumil kurang tidur akan mengakibatkan resiko bayi yang akan dilahirkan akan lahir caesar. Bumil harus tidur yang cukup untuk membantu proses persalinan yang dinantikan akan berjalan dengan lancar dan bisa menjaga kondisi badan bumil menjadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: