Baik untuk Dikonsumsi, inilah Beragam Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Terutama Ibu Hamil

Baik untuk Dikonsumsi, inilah Beragam Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Terutama Ibu Hamil

Ilustrasi daun singkong yang baik untuk kesehatan.--Pinterest.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jenis tanaman umbi - umbian ini selain bisa diolah menjadi bahan makanan yaitu singkongnya, juga bermanfaat baik untuk tubuh. Singkong yang biasa menjadi santapan masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi yang mudah ditemukan di wilayah Indonesia.

Singkong termasuk sumber kalori nomor tiga setelah padi dan jagung. Selain singkongnya, daunnya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Sejak dahulu, daun singkong sudah menjadi obat tradisional yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan bisa mencegah berbagai macam penyakit.

Kandungan gizi yang terdapat dalam daun singkong yaitu diantaranya seperti, magnesium, mineral, fosfor, kalium, kalsium, vitamin b1 b2 dan c, dan karotenoid. Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, manfaat daun singkong untuk tubuh kita :

BACA JUGA:

1. Bisa mengobati diare

Manfaat daun singkong yang pertama yaitu dapat mengobati sakit diare, karena daung singkong terdapat kandungan etanol yang bersifat antidiare. Berdasarkan penelitian dari hasil studi dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine yang melalui satu penelitian terhadap hewan.

Hewan yang mengalami permasalahan diare diberikan ekstraknya yang mengandung etanol. Hasil dari penelitian tersebut, aktivitas antidiare mampu mengurangi akumulasi cairan usus dan motilitas gastrointestinal. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air dan diminum dua kali sehari.

2. Baik untuk ibu hamil 

Manfaat daun singkong yang kedua yaitu baik untuk ibu hamil. Kandungan yang terdapat pada daun singkong terdapat kandungan zat besi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan zat besi dalam daun singkong baik untuk mencegah anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil. Kandungan yang terdapat di daun singkong dapat mengoptimalkan produksi sel darah merah. Apabila ibu hamil kekurangan darah atau anemia, dapat mengakibatkan gangguan janin, keguguran dan bayi akan lahir prematur.

3. Bisa meningkatkan nafsu makan

Daun singkong bisa menambah nafsu makan, caranya yaitu dengan rebus daun singkong bersamaan dengan bawang putih dan garam. Bisa dihidangkan dengan nasi hangat, daun singkong juga bisa sebagai ramun obat tradisional. Ramuan daun singkong dengan jahe sebaiknya diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

4. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun singkong yang ke 4 yaitu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena daun singkong mengandung banyak vitamin C dan asam folat. Vitamin C bisa menghancurkan bakteri dan virus. Kandungan vitamin c dan asam folat bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi radikal bebas. Daun singkong juga membantu menjaga kesehatan tulang serta antioksidan yang terkandung dapat membantu membasmi radikal bebas dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: