Mengenal Manfaat Glutathione yang Perlu Diketahui Untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Mengenal Manfaat Glutathione yang Perlu Diketahui Untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Ilustrasi glutathione.--Freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Glutathione merupakan zat yang terbuat dari tiga asam amino yaitu, sistein, glutamat, dan glisin. Glutathione pada dasarnya diproduksi secara alalmi di dalam tubuh, tepatnya pada organ hati dan sel-sel saraf di sistem saraf pusat. 

Fungsi utama dari glutathione adalah melindungi tubuh dari penyakit, radikal bebas, atau racun kimia serta organik. Selain diproduksi oleh tubuh, glutathione juga bisa diperoleh melalui makanan dan suplemen. 

Dengan sifatnya sebagai antioksidan kuat, berikut sejumlah manfaat glutathione untuk kesehatan kulit dan tubuh. 

BACA JUGA:

Melindungi dari Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung dalam glutathione memiliki fungsi untuk menetralisir adanya radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit. Radikal bebas dapat berasal dari paparan sinar UV serta lingkungan sekitar. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa mengakibatkan kulit rusak serta menimbulkan tanda-tanda penuaan, seperti munculnya kerutan serta garis halus di wajah. Selain itu, radikal bebas dapat mempengaruhi fungsi hidrasi serta skin barrier kulit.

Sebagai Detoksifikasi Alami

Glutathione adalah detoksifikasi alami yang mampu meningkatkan kesehatan sel-sel dalam tubuh. Ini mencegah munculnya jerawat, lingkaran hitam di bawah mata (mata panda).

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Ternyata, ada manfaat glutathione untuk kulit. Kandungan glutathione dapat mendukung proses regenerasi kulit yang sehat. Glutathione mengandung tiga asam amino, yakni L-sistein, glisin, dan L-glutamat. Ketiganya dapat membantu meningkatkan elastisitas dan mengurangi kerutan kulit.

Membantu Mencerahkan Warna Kulit

Manfaat glutathione untuk kulit wajah ini yang membuatnya populer digunakan dalam berbagai macam perawatan kulit. Bahkan, zat ini juga kerap digunakan dalam suntik putih. Melansir dari Derma Essentia, studi menunjukkan cara kerja glutathione dalam melawan hiperpigmentasi dengan cara berikut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah arteri. Ini akibat adanya plak yang terbuat dari campuran kalsium, lemak, kolesterol, dan produk buangan sel tubuh lainnya akibat proses oksidasi lipid. Kadar glutathione dalam tubuh yang seimbang dapat membantu menetralkan proses oksidasi lipid, sehingga bisa mengurangi risiko gangguan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: