Yuk, Ketahui! Beragam Manfaat Tanaman Porang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Yuk, Ketahui! Beragam Manfaat Tanaman Porang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat tanaman porang yang baik untuk kesehatan.--instagram.com/berbagai sumber

BACA JUGA:

Menjaga kekebalan tubuh

Sebagai sumber serat larut air, iles-iles membantu mengganti sel-sel imun yang rentan memicu peradangan menjadi sel-sel yang melawan peradangan. Serat larut ini juga membantu tubuh untuk memproduksi protein pada tubuh bernama interleukin-4. Protein ini berguna untuk membantu tubuh melawan infeksi. Efeknya, tubuh pun tidak rentan sakit. Namun, perlu diketahui bila khasiat porang yang satu ini sebagian besar masih diteliti pada tikus. Perlu riset lebih lanjut untuk memahami manfaat tanaman porang untuk kekebalan manusia secara langsung.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat tanaman porang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Menguti tinjauan terbitan International Journal of Biological Macromolecules (2019), kandungan glukomanan akan memberikan lapisan jel di perut sehingga mengurangi penyerapan kolesterol. Nantinya, kolesterol akan dibuang melalui feses. Tak heran bila khasiat porang membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, glukomanan memperlambat penyerapan lemak di dalam usus halus, sehingga bisa menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah.

Membantu menurunkan berat badan

Zat glukomanan adalah serat yang berbentuk jel. Serat ini membuat perut kenyang lebih lama dan seseorang menjadi tidak mudah lapar. Zat ini juga bisa membantu mengurangi hormon ghrelin yang memicu rasa lapar.

Demikianlah, ulasan artikel di atas terkait manfaat tanaman porang yang baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: