Yuk, Ketahui! Beragam Manfaat Tanaman Porang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Yuk, Ketahui! Beragam Manfaat Tanaman Porang yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat tanaman porang yang baik untuk kesehatan.--instagram.com/berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Porang merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang juga dikenal dengan nama iles-iles. Di sisi lain Porang juga dikenal sebagai tanaman coblok dengan nama latin Amorphophallus muelleri BI.

Tanaman yang berjenis umbi-umbian ini dapat dikonsumsi dan aman untuk manusia. Porang juga masuk dalam anggota marga Amorphophallus.

Karena masih sekerabat dan mirip penampilan dan manfaatnya dengan suweg dan walur, maka tak jarang porang atau iles-iles sering kali suli dibedakan dengan kedua tanaman tersebut. 

Tanaman Porang memiliki keunggulan pada sifatnya yang toleran terhadap naungan. Sehingga memungkinkan tanaman ini dibudidayakan di lahan hutan industri di bawah tegakan pohon jati, sonokeling, mahoni ataupun sengon. Sehingga, saat ini poranh menjadi primadona dan memiliki komoditas pasar yang baik.

BACA JUGA:

Bentuk pohon porang berupa batang tunggal dan semu yang diameternya antara 5 mm hingga 50 mm. Belakangan ini, popularitas tanaman porang semakin menanjak drastis di Indonesia. 

Pohon porang tadinya hanya dianggap sebagai tanaman liar yang memiliki aroma tidak sedap. Namun persepsi tersebut langsung berubah total sejak mengemuka manfaat dari tanaman porang.

Tanaman porang juga banyak memberikan manfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan kehidupan sehari-hari. Berikut sederet manfaat tanaman porang yang baik untuk kesehatan

Mengurangi risiko diabetes

Diabetes terjadi akibat kadar gula darah yang terlalu tinggi. Nah, manfaat tanaman porang berpotensi mengendalikan kadar gula darah. Kandungan glukomanan pada tepung dari porang akan dicerna dan membentuk tekstur mirip jel. Nah, jel ini ternyata berfungsi sebagai lapisan pembatas pada usus sehingga penyerapan gula di usus terhambat. Efeknya, kadar gula darah pun terjaga.

Mengatasi peradangan

Setelah para ahli meneliti umbi tanaman porang juga mengandung zat anti-inflamasi. Dengan alasan itu, porang mampu mengatasi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada tubuh bagian dalam. Tidak hanya peradangan, porang ternyata juga bisa membuat luka cepat sembuh. Sebab, kandungan glukomanannya bekerja membangun sistem imun secara efektif yang berdampak pada meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka.

Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang diet maupun menjaga berat badan, tanaman porang dapat dijadikan salah satu alternatif pengganti nasi. Kandungan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat kamu kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi porang dalam bentuk suplemen. Setiap suplemen mengandung glukomanan dari umbi tanaman porang yang sudah ditakar sesuai porsi. Dengan mengkonsumsi secara rutin, maka 1.200 kalori mampu dibakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: