Mendunia! Deretan Makanan Khas Indonesia ini Sangat Populer di Berbagai Negara, Mana Kesukaanmu?

Mendunia! Deretan Makanan Khas Indonesia ini Sangat Populer di Berbagai Negara, Mana Kesukaanmu?

Makanan khas Indonesia yang mendunia.--unsplash.com

Rawon 

Rawon masuk ke dalam deretan sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Makanan khas Jawa Timur ini merupakan olahan daging yang direbus ke dalam kuah berwarna hitam. Warna hitam dari kuah rawon terbuat dari rempah keluak yang ditambah dengan jeruk, serai, jahe, dan cabai.

BACA JUGA:

Sate

Sate juga merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Sate adalah masakan khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci atau kerbau sebagai bahannya. Dagingnya dipotong-potong, dibumbui dengan rempah-rempah, lalu dipanggang hingga sempurna. Kemudian, sate disajikan dengan berbagai macam saus mulai dari saus kacang atau kecap.Uniknya, setiap pulau memiliki versi sate yang berbeda. Dari Sate Padang Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal dan Sate Buntal. Yang membedakan masing-masing sate ini adalah pilihan daging dan kuahnya. Sate sangat cocok dengan nasi atau lontong, acar mentimun dan kerupuk.

Soto

Soto menjadi kuliner yang khas di banyak daerah di Indonesia. Soto ini dipengaruhi oleh kekhasan kuliner di setiap daerah. Bahkan diperkirakan ada sekitar 75 varian Soto di seluruh Indonesia, tergantung dengan bahan dasar serta cara memasak menurut daerah masing-masing. Disajikan dengan kuah yang lezat, menjadikan soto populer di seantero dunia. Di Jepang sendiri, soto menjadi kuliner yang cukup terkenal setelah diperkenalkan oleh pelajar asal Indonesia.

Gado-Gado

Makanan Indonesia yang mendunia berikutnya yaitu gado-gado, yang disebut-sebut sebagai salad khas Indonesia. Gado-gado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang bisa dengan mudah Anda temukan, dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima. Tak hanya di Indonesia, gado-gado juga jadi salah satu menu populer di restoran Indonesia di seluru dunia. Gado-gado biasanya terdiri dari berbagai isian sayuran seperti labu siam, kangkung, kentang, timun, tauge, dan jagung, dengan irisan tahu goreng dan telur rebus, lalu dilumuri bumbu kacang yang ditambah perasan jeruk nipis. Disajikan dengan kerupuk udang dan taburan bawang goreng di atasnya.

Nah itulah, beberapa daftar kuliner Indonesia yang mendunia dengan cita rasa nikmat dan menggugah selera. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: