Mendunia! Deretan Makanan Khas Indonesia ini Sangat Populer di Berbagai Negara, Mana Kesukaanmu?

Mendunia! Deretan Makanan Khas Indonesia ini Sangat Populer di Berbagai Negara, Mana Kesukaanmu?

Makanan khas Indonesia yang mendunia.--unsplash.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Indonesia terkenal dengan keragaman budaya dan surganya kuliner, berbagai olahan menu makanan khas nusantara diolah dengan rempah pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa. 

Sebagai negara yang terdiri dari beragam suku dan budaya, Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan khas yang lezat dan unik.

Setiap daerah menawarkan hidangan khasnya masing-masing, yang dimasak menggunakan bumbu dan bahan spesial sehingga menghasilkan cita rasa masakan kelas dunia.

Maka tak heran, jika kuliner khas Indonesia ini bisa sampai berlabuh di berbagai belahan dunia. Cita rasa makanan ini begitu disukai masyarakat dunia. Beberapa makanan bahkan masuk ke daftar 100 makanan terlezat di dunia. 

BACA JUGA:

Berikut deretan kuliner Indonesia yang berhasil mendunia dengan cita rasa yang nikmat dan menggugah selera.

Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Makanan ini berhasil menduduki puncak daftar Makanan Terbaik Dunia versi CNN. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu spesial, menghasilkan hidangan daging yang empuk dengan cita rasa yang kaya rempah dan sangat lezat. 

Nasi Goreng

Makanan selanjutnya yang mendunia dari Indonesia adalah nasi goreng. Nasi goreng khas Indonesia dinilai memiliki cita rasa khas dan unik. Ini juga dinilai sangat lezat. Nasi goreng juga masuk ke daftar 100 makanan terlezat di dunia.

Tempe 

Makanan khas Indonesia lainnya yang diakui UNESCO adalah tempe. Hidangan satu ini bahkan sudah tertulis dalam naskah Jawa Kuno, yakni Serat Centhini yang dibuat pada abad ke-19. Dalam Serat Centhini tercantum naskah yang menceritakan sambal tempe, tempe goreng, dan tempe bacem. Tempe juga kaya akan protein dan gizi di dalamnya. 

Nasi Padang

Siapa yang tidak ingin makan nasi padang untuk makan siang? Mendengar namanya saja sudah membuat Anda mengeluarkan air liur. Nasi Padang pada dasarnya adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Padang seperti rendang, gulai ikan, ayam bakar, ayam suwir, telur dadar, tempe kering, daging cincang, daun singkong rebus, dan sambal hijau. Yang menarik dari makan nasi padang di restoran adalah cara penyajiannya. Anda bisa makan karena semua menu disajikan di meja, jadi Anda tinggal memilih makanan apa yang akan dimakan. Cara kedua adalah Anda bisa langsung memesan 1 porsi Nasi Padang tanpa meminta untuk disajikan di meja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: