Pesona Keindahan Lembah Baliem, Wisata Surga Dunia yang Tersembunyi di Hamparan Pegunungan Papua

Pesona Keindahan Lembah Baliem, Wisata Surga Dunia yang Tersembunyi di Hamparan Pegunungan Papua

Keindahan pesona Lembah Baliem di Wamena, Papua.-Foto: Instagram.com/BerbagaiSumber-

Festival tersebut digelar setiap tahun sejak 1989 dan dianggap sebagai ikon pariwisata Papua oleh dunia. Dalam festival itu, terdapat sejumlah atraksi seperti perang-perangan kolosal, karapan babi, hingga bakar batu. 

Pertunjukan tari dan musik tradisional, seni merias tubuh Suku Hubula, hingga pasar seni pun ikut ditampilkan dalam festival tersebut.

Di Lembah Baliem juga terdapat objek wisata mumi Agat Mamete Mabel atau dikenal juga dengan mumi Pumo di Kampung Wogi, Distrik Silokarnodoga, kabupaten Jayawijaya. 

Mumi ini disimpan dalam honai khusus yang disebut pilamo atau "rumah laki laki". Ada empat mumi yang terdapat di Lembah Baliem yaitu mumi Araboda, Aikima, Pumo, dan Yiwika. Kehadiran keempat mumi ini menambah keeksotisan Lembah Baliem.

Lembah Baliem dengan keunikannya masih dapat disaksikan melalui pelestarian kemahsyuran budayanya, seperti nilai budaya penghormatan kepada nenek moyang leluhurnya berupa bukti sejarah memumifikasikan jenazah orang yang berjasa dengan menggunakan bahan ramuan alami dan tersimpan dari generasi ke generasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: