Mengandung Zat Besi Tinggi, Inilah 9 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Tubuh

Mengandung Zat Besi Tinggi, Inilah 9 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi tinggi.-Foto: Unsplash.com-

Dark Chocolate

Meskipun makanan ini banyak dihindari, ternyata cokelat justru termasuk dalam kategori makanan kaya zat besi. Namun, cokelat yang dianjurkan dikonsumsi adalah dark chocolate dengan kandungan kakao tinggi. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi stres, setiap 30 gram dark chocolate mengandung 2 sampai 3 miligram zat besi.

Jeroan

Salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi adalah jeroan, misalnya hati ayam. Pasalnya, mengutip Novita Wijayanti dalam buku Fisiologi Manusia dan Metabolisme Zat Gizi, 100 gram hati Ayam mengandung 10 mg zat besi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

BACA JUGA:

Susu Sapi

Selanjutnya, susu sapi juga mengandung zat besi yang baik untuk tubuh. Namun, kadar zat besi dalam susu sapi tergolong rendah, yaitu 0,1 hingga 0,4 mg. Susu tidak hanya mengandung sedikit zat besi, tetapi juga mengandung vitamin dan protein untuk pertumbuhan anak.

Telur

Telur ayam utuh mengandung 1,67 mg zat besi per 100 g dan kaya nutrisi akan vitamin dan mineral lainnya, menjadikannya pilihan yang baik untuk camilan atau elemen protein makanan, terutama untuk vegetarian yang mungkin tidak ingin makan sumber hewani lainnya.

Ikan

Ikan adalah sumber protein tanpa lemak dan juga menyediakan asam lemak penting yang dapat membantu mendukung kesehatan dan fungsi otak. Mereka juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik, dengan makarel mengandung 1,63 mg zat besi per 100 g, tuna 1,02 mg per 100 g dan salmon menyediakan 0,25 mg per 100 g.

Sereal

Sereal merupakan makanan yang praktis untuk dikonsumsi dan mengandung sejumlah zat besi juga. Hal ini memungkinkan karena sereal pada dasarnya berasal dari gandum utuh yang mengandung zat besi.

Itulah beberapa makanan yang mengandung Zat Besi tinggi yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: