10 Kuliner Khas Bali, Menggunakan Rempah Bali yang Khas, Terkenal Hingga Mancanegara

10 Kuliner Khas Bali, Menggunakan Rempah Bali yang Khas, Terkenal Hingga Mancanegara

Aneka ragam kuliner bali yang sangat menggugah selera untuk memakannya Foto : Disway --

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID – Pulau Bali terkenal bukan saja dari keindahan alamnya. Bali juga terkenal akan kenikmatan kulinernya yang berhembus sampai ke Luar Negeri.

Kelezatan kuliner Bali sudah terkenal, dan tak diragukan lago soal citra rasanya yang bisa menggugah selera. Bumbu-bumbu rempah yang dipergunakan di dalam kuliner, Bali sangat khas, hal ini membuat Kulinernya punya rasa sedap yang luar biasa nikmat.

Bahkan ada diantaranya khas Kuliner Bali yang tidak ramah (halal) bagi Muslim untuk di Konsumsi, namun Kuliner ini sangat digemari bagi yang diperbolehkan untuk  menyantapnya, ataupun untuk  memakannya

Berikut Makanan khas Bali/ Kuliner Bali yang terkenal hingga Mancanegara :

1.    Ayam Betutu Bali

Makanan khas Bali yang terkenal ialah Ayam Betutu Bali. Kuliner yang satu ini wajib kita coba karena bumbunya menggunakan Base genep. Bumbu Base genep, merupakan khas Bali yang terdiri dari Bawang Putih, cabai, kemiri, terasi, jahe, lengkuas, kunir , kencur, daun salam, daun jeruk, dan serai yang dihaluskan dan ditumis. Tak itu saja, bumbu ayam betutu yang unik, penyajian kuliner yang satu ini, juga unik yakni daun singkong dimasukkan ke dalam perut ayam setelah dilumuri bumbu genep di atasnya.

 2.   Babi Guling Bali

Walau makanan khas Bali yang satu ini, tidak halal bagi umat , Muslim, tapi makanan inilah yang banyak di cari oleh para wisatawan lokal maupun Luar Negeri. Alhasil kita tak akan heran untuk Kuliner berupa Babi Guling khas Bali ini, terkenal sampai ke mancanegera. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib, jika sedang berada di Bali.

Babi Guling Bali adalah makanan khas dari Bali, karena dibuat dari daging Babi utuh. Bagian perutnya diisi berbagai macam bumbu dasar khas Bali seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai dan rempah lainnya menambah citra rasa.

Babi Guling dari Bali ini digemari bahkan sampai ke Mancanegara karena dagingnya yang empuk serta bagian kulit panggangannya yang garing.

BACA JUGA:

 3.   Sate lilit Bali

Kuliner ke-3 yang juga top dan terkenal sampai ke Mancanegara adalah sate Lilit khas Bali. Sate lilit khas Bali dibuat dari daging yang sudah dihaluskan lalu dililitkan pada batang daun serai atau tangkai Bambu. Daging yang dipergunakanpun bukan hanya daging ayam dan daging sapi saja, tetapi bisa menggunakan daging Babi ataupun ikan Tenggiri.

Cara membuat Sate ini, ialah dibumbui dengan mencampurnya dengan parutan Kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Daging halus yang dicincang-cincang itu setelah dililitkan ke tangkai bambu,tebu atau batang daun serai dilalu dipanggang di atas arang. Permukaan tusuk sate lilit Bali cukup luas, sehingga daging cincang tersebut dapat melekat.

 4.   Sate Plecing Bali

Selain sate Lilit di Bali, juga mengenal sate Plecing, bisa dibuat menggunakan daging sapi, daging ayam, daging babi atau ikan. Keistimewaan Sate Plecing yakni terletak pada bumbunya. Bumbu sate plecing terdiri dari Cabai rawit, tomat, garam, terasi dan air jeruk limau. Rasanya pedas gurih dan sedikit dan sedikit asin.

BACA JUGA:

Selain itu terasi juga membuat sate plecing memiliki citra rasa khas tersendiri yang membuatnya banyak diburu para wisatawan.

 5.   Nasi Campur Bali

Makanan khas Bali yang juga populer adalah, Nasi campur Bali. Keistimewaannya adalah terletak pada pelengkapnya yang terdiri dari sayuran daging, telur dan sambal.

Tak itu saja, biasanya nasi campur Bali, dilengkapi dengan sate lilit yang empuk dan bumbunya yang sangat terasa. Jika sedang berkunjung atau sedang berada di Bali, jangan lupa mencicipi Nasi campur Bali ini.

 6.   Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo Bali, cukup spesial karena harganya yang sangat murah, kalau dilihat dari isinya, Nasi Jinggo Bali mirip dengan nasi Kucing di Yogyakarta, namun isiannya cukup lengkap seperti nasi campur.

Nasi jinggo juga kerap dihadirkan dalam upacara perayaan Ngaben, ulang tahun atau prosesi pertunjukan ogoh-ogoh di Bali.

 7.   Tum Ayam Bali

Menu khas Bali yang satu ini, mirip seperti pepes ikan, hanya saja Tum Bali bisa juga disajikan menggunakan daging Babi.

Selain menggunakan daging ayam, beberapa pedagang mulai menggantinya dengan daging babi, dimasak menggunakan santan, dan dibungkus memakai daun pisang. Citra rasanya pedas, gurih serta wangi.

 8.   Rujak Kuah Pindang Bali

Rujak kuah Pindang Bali, ini bagi yang gemar makan rujak, wajib untuk  mencicipinya. Sensasi pedas, akan dirasakan setelah makan irisan buah mangga dengan campuran kuah pindang dan cabai yang yang super pedas. Tak hanya mangga bisa juga diganti buah lain seperti nanas, pepaya, kedondong atau rumput laut. Makanan khas Bali ini punya citra rasa segar sehingga cocok disantap siang hari.

 9.   Nasi Tepeng Bali

Nasi Tepeng Bali berasal dari daerah Gianyar. Nasi tepeng adalah nasi putih yang dimasak agak lama sehingga teksturnya menjadi cukup lembek seperti bubur. Dilengkapi kacang panjang, kacang merah, nangka muda dan terong, daun kelor dan kelapa parut, ada juga yang menambahkan telur dan suwiran daging ayam, serta siraman rempah-rempah bumbu ala Bali.

Nasi Tepeng khas Bali, rasanya lezat sekali, nasi tepeng ini banyak tersedia di daerah Bali karena nasi ini sering menjadi menu favorit sarapan pagi warga Bali.

 10. Sate kakul Bali

Menu terakhir atau ke-10 ada Sate Kakul Bali, yang diolah dengan cara dibakar, namun sebelum dibakar, sate ini diberi bumbu plecing. Inilah yang membuat cita rasanya menjadi super lezat. Makanan khas ini berasal dari Ubud, namun sebelum menyantapnya kita harus tahu dulu, bahan atau daging untuk  membuat sate ini adalah kerang atau siput. Bisa dikatakan Sate Kakul adalah makanan yang unik dari Bali yang wajib dicoba.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: