Rekomendasi Minyak Goreng Pilihan yang Berkualitas dan Baik untuk Kesehatan

Rekomendasi Minyak Goreng Pilihan yang Berkualitas dan Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi jenis minyak goreng yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.-Foto: Unsplash.com-

Merek minyak goreng terbaik ini juga memiliki keunggulan, yaitu rendah kalori sehingga bisa digunakan bagi kamu yang sedang program diet.

Selain itu, Bertolli Extra Light Olive Oil ini tidak mengganggu cita rasa masakan karena minyaknya sendiri tidak ada rasa. Harga minyak goreng ini juga berbeda dari minyak goreng sebelumnya, yaitu mulai dari Rp100 ribu untuk kemasan 500 ml.

Minyak Kedelai

Sama seperti minyak goreng sehat lainnya, minyak kedelai kaya akan asam lemak linoleat dan linolenat. Minyak ini juga memiliki vitamin K yang paling tinggi dibandingkan dengan minyak lainnya, yaitu sebanyak 193 mikrogram di dalam 100 ml. Minyak ini juga mengandung asam lemak jenuh.

Jenis asam lemak ini dikenal berbahaya untuk kesehatan jantung. Akan tetapi, asam lemak jenuh pada minyak kedelai bersifat netral pada kesehatan jantung. Jadi, Anda relatif tidak memberikan efek pada kadar kolesterol di dalam darah.

BACA JUGA:

Minyak Zaitun

Jenis minyak goreng terbaik untuk kesehatan yang pertama adalah minyak zaitun. Kandungan pada minyak zaitun sendiri adalah lemak tak jenuh tunggal sebesar 78%, lemak tak jenuh ganda sekitar 8%, dan lemak jenuh sebesar 14%.

Selain tinggi akan kandungan lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun juga kaya antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat mendukuung kesehatan jantung.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menumis sayuran dan diolah menjadi dressing salad lezat. Namun, banyak orang yang berpendapat bahwa minyak zaitun kurang cocok untuk digunakan saat menggoreng deep-fry (memasak makanan dalam rendaman minyak yang banyak), karena memiliki titik didih yang rendah.

Minyak Biji Bunga Matahari 

Minyak biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh, antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat, vitamin E, serta beragam mineral. Antioksidan yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan risiko terjadinya penyakit jantung.

Minyak goreng dari biji bunga matahari ini baik dikonsumsi mentah sebagai campuran saus dan salad atau diolah sebagai bahan untuk menumis dan memanggang.

Selain beberapa pilihan minyak goreng di atas, kamu juga dapat menggunakan minyak jagung, dan minyak wijen yang mengandung lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Sementara itu, minyak yang bersumber dari hewan, seperti lemak bebek atau lemak babi, minyak kelapa, dan minyak sawit mengandung lemak jenuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: