Rekomendasi Minyak Goreng Pilihan yang Berkualitas dan Baik untuk Kesehatan

Rekomendasi Minyak Goreng Pilihan yang Berkualitas dan Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi jenis minyak goreng yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Minyak goreng merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam proses memasak. Namun tidak semua Minyak goreng memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Minyak goreng yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Untuk itu, penting memilih minyak goreng yang sehat saat memasak.

Menurut ahli gizi, ada beberapa jenis minyak goreng yang sehat untuk dikonsumsi, terutama saat diet menurunkan berat badan. Indikator untuk menilai sebuah minyak goreng sehat atau tidak adalah jenis dan jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. 

Biasanya, minyak goreng sehat memiliki kadar lemak tidak jenuh tunggal yang tinggi. Lemak ini merupakan salah satu sumber lemak paling sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

BACA JUGA:

Selain itu, minyak goreng sehat juga dapat mengandung lemak tak jenuh ganda, yang tergolong sehat dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Sedangkan, minyak goreng yang tinggi lemak jenuh telah dikaitkan terhadap penyumbatan arteri, yang kemudian meningkatan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Jenis minyak goreng terbaik untuk kesehatan adalah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kandungan kedua lemak tersebut dalam minyak goreng dapat meminimalisir risiko berbagai penyakit jantung.

Ada beberapa pilihan minyak goreng yang dikenal baik untuk kesehatan di antaranya:

Minyak Kanola

Minyak kanola merupakan salah satu pilihan minyak goreng yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung. Minyak ini terbuat dari biji kanola serta mengandung omega-3 dan omega-6 yang sangat tinggi.

Minyak kanola juga tidak mengandung lemak jenuh, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, titik asap minyak kanola tergolong tinggi sehingga baik digunakan untuk memanggang, membakar, dan menumis. Titik asap sendiri adalah batas suhu di mana minyak akan mengalami perubahan kandungan gizi.

Bertolli Extra Light Olive Oil

Sesuai namanya, minyak goreng ini terbuat dari ekstrak zaitun yang cocok dipakai untuk menumis masakan dalam wajan yang antilengket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: