Tips Kelola Keuangan untuk Pengantin Baru, Biar Gak Bertengkar dan Saling Nutupi

Tips Kelola Keuangan untuk Pengantin Baru, Biar Gak Bertengkar dan Saling Nutupi

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pernikahan adalah tonggak penting dalam hidup, termasuk keuangan kamu dan pasangan. Kebiasaan keuangan akan memengaruhi kamu dan pasangan dalam berbagai cara, seperti rumah yang mampu dibeli, membuat investasi dan bahkan usia pension.

Tanpa rencana, uang terkadang bisa menjadi sumber konflik atau pertengkaran dalam sebuah pernikahan. Keuangan berdampak besar pada banyak pilihan gaya hidup lainnya.

Pengantin baru yang memulai dengan pengelolaan uang bersama sering kali dapat menghindari kesalahan umum, mencapai tujuan keuangan bersama, dan membangun kekayaan. 

BACA JUGA:Ramai Dibahas Warganet! Hanny Hendak Dibuat Menyesal Gara-Gara Video Viralnya

Berikut tips kelola keuangan untuk pengantin baru :

1. Ketahui total penghasilan bersih per bulan

Setelah menikah, strategi finansial yang diterapkan tentunya berbeda dibandingkan saat masih single. Kini, ada dua kepala yang harus berkompromi. Kunci utama dalam pengelolaan keuangan adalah keterbukaan. Jadi, sudah sewajarnya kamu dan pasangan mengetahui besarnya penghasilan masing-masing.

Kendati demikian, keterbukaan tidak hanya soal penghasilan saja. Melainkan juga mengenai utang, kebiasaan pasangan dalam membelanjakan uang, aset, hingga tabungan yang dimiliki.

Dengan memiliki gambaran jelas mengenai kondisi keuangan masing-masing, kamu dan pasangan dapat memetakan berapa total penghasilan bersih, berapa yang bisa ditabung, dan berapa pengeluaran yang sesuai dengan kemampuan.

2. Buatlah anggaran bulanan bersama

Mengetahui pendapatan dan pengeluaran bulanan secara jelas sangatlah penting untuk mengatur keuangan di awal pernikahan. Maka dari itu, sebaiknya kamu dan pasanganmu membuat anggaran bulanan bersama.

Dalam anggaran ini, kamu bisa mencantumkan pendapatan bulanan kalian, mencatat biaya-biaya rutin setiap bulannya, serta mempersiapkan dana tabungan dan dana darurat. Dengan begitu, kalian dapat memprioritaskan pengeluaran yang memang diperlukan dan mengevaluasi pengeluaran yang tidak perlu.

BACA JUGA:Mayat Bocah Perempuan Korban Praktik Dukun di Bekasi, Fakta-Fakta Bermunculan

3. Mulai membuat dana darurat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: