Tips Kelola Keuangan untuk Pengantin Baru, Biar Gak Bertengkar dan Saling Nutupi

Tips Kelola Keuangan untuk Pengantin Baru, Biar Gak Bertengkar dan Saling Nutupi

--

Dana ini tidak boleh diutak atik, dan hanya bisa digunakan dalam keadaan yang benar-benar mendesak. Misalnya, saat mobil rusak, rumah bocor, kecelakaan, terkena musibah, dan lain sebagainya. Buatlah akun rekening khusus untuk dana darurat, sebaiknya gunakan penarikan otomatis setiap bulannya. Jangan lupa untuk selalu disiplin sehingga saat terjadi sesuatu yang mendesak, kamu tidak perlu bingung lagi

4. Bagi Tanggung Jawab Keuangan

Seiring waktu, pasangan dapat menentukan peran dan tanggung jawab masing-masing dalam manajemen keuangan. Mungkin salah satu dari mereka lebih ahli dalam investasi, sementara yang lainnya lebih terampil dalam mengelola anggaran sehari-hari. Kolaborasi dalam hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan meminimalkan potensi konflik. 

5.  Buatlah rencana keuangan jangka panjang

Mengelola keuangan di awal pernikahan tidak hanya mengatur keuangan secara bulanan, namun juga penting untuk membuat rencana keuangan jangka panjang. Keuangan jangka panjang dalam kehidupan pernikahan mencakup perencanaan untuk membeli rumah atau mobil, menabung untuk pendidikan anak, atau bahkan mempersiapkan dana pensiun.

BACA JUGA:Bagnaia Juarai MotoGP Italia, Pangkas Jarak dengan Jorge Martin

6. Buat alokasi budget

Dalam membuat bujet bulanan, sebagian orang ada yang lebih cocok membaginya menjadi bermacam-macam pos sesuai peruntukkannya, seperti budget makan, transportasi, hiburan, tabungan, dan lain sebagainya. Namun ada juga yang lebih menyukai metode simpel dengan membaginya dalam pos-pos besar seperti living, saving, dan lifestyle.

Karena kamu telah menikah, maka diskusikan alokasi budget dengan pasangan mengenai pos mana yang lebih prioritas dan memerlukan anggaran lebih besar dan mana yang harus dibatasi.

7. Investasi Bersama

Menginvestasikan uang bersama-sama dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun kekayaan. Pasangan dapat mencari nasihat profesional atau melakukan riset bersama untuk menemukan jenis investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: