Bangun Tidur Semakin Sehat dengan Minum Air Putih, Berikut 7 Manfaatnya yang Baik Bagi Tubuh

Bangun Tidur Semakin Sehat dengan Minum Air Putih, Berikut 7 Manfaatnya yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur.-Foto: Unsplash.com/engineakyurt-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Ternyata, meminum air di pagi hari memiliki efek yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Tubuh membutuhkan air untuk melumasi sendi, mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan mengeluarkan limbah melalui urine dan keringat.

Melansir dari Healthline, semua jaringan dan organ bergantung pada air untuk menjalankan berbagai fungsi seperti, distribusi nutrisi, mengatur suhu tubuh, lubrikasi badan dan menjaga kondisi organ dan jaringan tetap utuh.

Apabila konsumsi air setiap hari tercukupi maka tubuh akan terhindar dari beberapa penyakit seperti pusing, susah buang air besar, dehidarasi, dan gagal ginjal.

Namun dewasa ini, masyarakat masih kurang peduli dalam mengonsumsi air putih setiap harinya terutama kalangan anak muda. 

BACA JUGA:

Budaya anak milenial terkadang tidak mau merepotkan diri sendiri dan serba instan, sehingga kurang memperhatikan kebutuhan air putih setiap hari dalam bekerja. Berikut, manfaat minum segelas air putih saat bangun tidur:

Meningkatkan Energi

Direktur medis Case Integrative Health Casey Kelly, MD, ABoIM mengatakan bahwa memulai hari dengan minum air dingin dapat membangunkan lebih cepat. Bagaimanapun dehidrasi yang terjadi dapat membuat tubuh menjadi lebih lelah dan pusing. Mengisi ulang segelas air di pagi hari dapat membantu mencegah hal ini dengan mendorong proses rehidrasi. Proses rehidrasi memastikan jaringan dan organ mendapatkan cairan yang dibutuhkan secepatnya.

Membantu Kurangi Berat Badan 

Air putih ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membakar kalori dengan lebih cepat. Oleh karena itu dengan minum air putih saat bangun tidur, metabolisme tubuh bisa meningkat sekitar 25 persen, sehingga menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kinerja Mental

Dokter Kelly mengatakan bahwa mengonsumsi air putih di pagi hari dapat memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas sepanjang hari. Ia menuturkan dehidrasi juga dikaitkan dengan kabut otak dan sakit kepala. "Bahkan dehidrasi ringan pun dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi jangka pendek. Jadi jika Anda tetap ingin fokus, minumlah segelas air," ujarnya.

Memperbaiki Suasana Hati 

Dehidrasi ternyata juga memengaruhi suasana hati. Saat kekurangan air, suasana hati bisa jadi lebih buruk. Oleh karena itu dengan minum air putih saat bangun tidur, tubuh akan terhidrasi, sehingga membantu memperbaiki suasa hati jadi lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: